Anton Hadjon Ajak Semua Paslon Bangun Flotim Bersama

by -186 views

Larantuka, mediantt.com – Setelah ditetapkan KPU Flotim, Bupati Flotim Terpilih Antonius Gege Hadjon memberikan pernyataan menyejukan. Ia menegaskan, seluruh perbedaan politik selama Pilkada Flotim telah selesai, untuk itu ia mengajak semua pasangan calon peserta Pilkada Flotim 2017 dan masyarakat untuk bersama-sama membangun Flotim.

Anton Hadjon menyampaikan hal ini usai pleno penetapan pasangan calon terpilih di Kantor KPU Flotim, Jalan Sanjuan Kelurahan Weri, Kecamatan Larantuka, Kamis (16/3). KPU Flotim telah menetapkan Bupati dan Wakil Bupati Flotim terpilih yakni pasangan nomor urut 5; Anotnius Gege Hadjon-Agustinus Payong Boli, atau yang popular dengan tagline Bereun.

“Perbedaan-perbedaan dalam proses Pilkada merupakan gambaran akan harapan masyarakat Flotim. Gambaran yang berbeda itu sangat jelas nampak pada perbedaan pilihan dari masyarakat. Karenanya setelah proses panjang ini berakhir, maka hasil ini menjadi milik bersama seluruh masyarakat Flotim,” tutur Anton.

Ia mengatakan, sebelumnya ada paslon Ande-Paul, Lurus, Doa Ema, Antero, Rumah Kita dan Bereun. Ke depan, mestinya semua paslon itu berubah menjadi Bereun Senaren atau teman baik. Dengan itu, katanya, tidak ada lagi batasan, tetapi sebaliknya menjadi kebersamaan dalam membangun Flotim menjadi lebih baik.

Flotim yang lebih baik, sebut dia, merupakan harapan dan impian bersama seluruh masyarakat. Karena itu, alangah eloknya jika seluruh kekuatan Flotim disatu-padukan untuk membangun daerah ini agar tidak tertinggal dari daerah lain.

Anton Hadjon bersama istrinya Lusia Barek Hayon, datang memenuhi undangan KPU Flotim dalam agenda penetapan pasangan calon terpilih. Keduanya tampil mengenakan baju berwarna merah, identik dengan warna PDIP, partai yang membentuknya selama ini.

Sementara itu, Wakil Bupati Flotim Terpilih Agustinus Payong Boli juga hadir dengan mengenakan baju berwarna putih, warna kebesaran Partai Gerindra.

Penetapan

Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calom Bupati dan Wakil Bupati Flotim Terpilih dipimpin Ketua KPU Flotim Ernesta Katana, didampingi komisioner lainnya yakni Fransiskus Vincent Diaz, Ajiz Tupen Peka, Kornelis Abon Tabi, dan Gregorius Sule Sanga. Para komisioner tampak mengenakan pakaian adat Flotim.

Hadir saat itu Ketua Panwasli Flotim Rofinus Kopong, Sekretaris KPU Kunradus Liwu, Penjabat Bupati Flotim Emanuel Kara, Sekda Anton Tonce Matutina, Kapolres Yandri Irsan, Kasdim M. Yamin, Ketua Pengadilan Negeri Setyo Yoga Siwantoro, Inspektur Daerah Ahmad Betan, dan sejumlah pejabat lingkup Pemkab Flotim.

Sesungguhnya KPU Flotim juga mengundang paslon lainnya dalam agenda penting ini, namun hanya paslon Bereun yang hadir, bersama Tim Koalisi Paket Bereun di bawah pimpinan Rofinus Baga Kebelen. Tampak hadir juga utusan paslon dari Lurus, Doa Ema, dan Rumah Kita.

Sebelum membuka rapat pleno, Ernesta Katana mengatakan, sebuah kompetisi biasanya memetakan pihak kalah dan menang atau pihak kawan dan lawan. Tetapi dalam kompetisi politik seperti Pilkada Flotim ini, hakekatnya tidak ada yang kalah dan tidak ada yang menang. Kompetisi dalam Pilkada, jelas dia, sejatinya adalah mencari pemimpin di Flotim melalui legitimasi rakyat, dan pada akhirnya semuanya bermuara untuk kepentingan masyarakat.

“Jadi ini bukan soal siapa kalah dan siapa menang. Tidak ada yang kalah dan tidak ada yang menang. Kemenangan sebuah paslon harus dimaknai sebagai kemenangan masyarakat Flotim,” katanya.

Mendasari regulasi, yakni UU Nomor 10 Tahun 2017 dan Peraturan KPU Nomor 147, kata dia, KPU Flotim menetapkan paslon terpilih, dan sesuai ketentuan, paslon yang ditetapkan adalah paslon yang memperoleh suara terbanyak.

Sesuai penetapan pleno rekapitulasi penghitungan suara tingkat kabupaten, Kamis (23/2), KPU Flotim menetapkan paslon nomor urut 1 Ande-Paul memperoleh 7.319 suara, paslon nomor urut 2 Lurus memperoleh 22.859 suara, paslon nomor urut 3 Doa Ema memperoleh 16.999, paslon nomor urut 4 Antero memperolah 29.800 suara, paslon nomor urut 5 Rumah Kita memperoleh 11.613 suara, dan paslon nomor urut 6 Bereun memperoleh 32.947 suara.

“Dengan demikian paslon yang memperoleh suara terbanyak adalah Anton Gege Hadjon dan Agustinus Payong Boli. Maka sesuai regulasi, KPU Flotim menetapkan Anton Gege Hadjon dan Agustinus Payong Boli sebagai Bupati dan Wakil Bupati Flotim Terpilih. Kami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas kerja sama yang telah berlangsung selama ini,” ujar Ernesta Katana mengetok palu penetapan sambil disoraki tepuk tangan peserta rapat pleno terbuka.

Setelah penetapan, KPU Flotim akan menyerahkan Berita Acara Rapat Pleno Penetapan kepada DPRD Flotim untuk proses pengesahan. Rencananya, dokumen berita acara ini akan diserahkan Jumat (17/3). Sedangkan untuk pengesahan dan jadwal pelantikan, menjadi domain Pemkab dan DPRD Flotim.

Dukung Bereun

Ketua DPRD Flotim Yoseph Sani Betan yang juga hadir menyampaikan banyak terima kasih kepada seluruh masyarakat Flotim yang sudah menyalurkan hak politiknya pada Pilkada lalu. Bagi dia, semua proses sudah selesai, hasilnya Flotim sudah punya pemimpin yang baru.

Secara kelembagaan, menurut dia, DPRD Flotim menilai proses Pilkada telah berjalan dengan baik dan aman. Dia mengakui masih ada kekurangan yang harus menjadi pembelajaran bersama.

“Inilah hasilnya, hasil dari legitimasi masyarakat, kita harus menerima dan memberikan dukungan kepada Bereun, pemerintahan yang baru di Flotim. DPRD secara lembaga menerima seluruh proses dan hasilnya, dan tentu kami akan melanjutkan sesuai regulasi,” tutur politisi Golkar ini.

Sejumlah petugas keamanan dari Polres Flotim tampak terlihat berada di sekitar Kantor KPU Flotim. Suasana KPU Flotim dan Kota Larantuka pada umumnya sangat kondusif pasca Pilkada Flotim. (vicky da gomez)

Ket Foto: Antonius Gege Hadjon dan Agustinus Payong Boli foto bersama Penjabat Bupati Eman Kara, Ketua KPU Ernesta Katana usai menerima berita acara penetapan Bupati dan Wakil Bupati Flotim Terpilih di Kantor KPU Flotim, Kamis (16/3).