Yantji Sunur Ucapkan Terima Kasih untuk Rakyat Lembata

by -106 views

Lewoleba, mediantt.com – Hingar-bingar politik di Pilkada Lembata telah usai. Pasangan Eliaser Yantji Sunur-Thomas Langoday atau yang popular dengan tagline Sunday, pun telah ditetapkan oleh KPU Lembata dalam rapat Pleno penetapan, Rabu (15/3).

Dalam pidato politiknya, Yantji Sunur mengucapkan terima kasih kepada rakyat Lembata, yang telah mempercayakan dirinya menahkodai Lembata periode kedua.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah bersama-sama mensukseskan seluruh proses dan tahapan Pilkada dengan aman hingga pleno penetapan hari ini,” kata Yanthi Sunur.

Didampingi Wakil Bupati terpilih Thomas Langodau, Yantji Sunur menghimbau semua pihak untuk tidak lagi mengeluarkan pernyataan-pernyataan spekulatif soal pelantikan. “Kapan waktunya pelantikan, sepenuhnya menjadi kewenangan Mendagri, kami tidak memiliki kewenangan itu,” tegas Yantji Sunur.

Ia juga menegaskan, “Tak ada gading yang tak retak, tapi jikalau semua kita bisa bersama-sama menambal, maka pasti tidak akan ada yang retak”.

Ketua KPUD Lembata, Petrus Payong juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Daerah yang sudah secara maksimal membantu menyiapkan anggaran untuk KPUD hingga proses dan tahapan Pilkada berjalan hingga penetapan calon terpilih hari ini.

“Terima kasih juga kepada pihak berwajib baik Polres Lembata, maupun TNI yang sudah bersama-sama menjaga keamanan dalam setiap proses dan tahapan hingga hari ini,” imbuh dia, dan menandaskan, “KPUD menghargai semua dinamika yang terjadi, namun diharapkan agar semua kita bisa segera melakukan rekonsilasi dan konsolidasi terhadap masyarakat yang selama ini terkotak-kotak untuk Lembata yang lebih baik. Dengan begitu kita bisa melahirkan pesta demokrasi yang berkualitas,” katanya.

Ia menambahkan, untuk tingkat Propinsi NTT, Lembata merupakan kabupaten dengan tingkat partisiasi pemilih paling baik. “Terimakasih dan juga permohonan maaf bila dalam proses dan tahapan, ada kata yang salah,” ujarnya.

Kapolres Lembata, AKBP Arsdo Ever Simatupang  mengatakan, hingga penetapan calon terpilih situasi Lembata masih aman terkendali. “Kita patut , dan dirinya mengajak semua pihak untuk mensyukuri hal ini,” ujarnya.

Penjabat Bupati Lembata, Sinun Petrus Manuk, mengucapkan terima kash kepada seluruh masyarakat pemilih di Lembata, yang telah berpartisipasi mensukseskan pesta pemilihan kepala daerah Lembata.

Ia juga menyampaikan selamat dan proficiat kepada pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih Eliaser Yantji Sunur-Thomas Ola Langoday yang ditetpakan oleh Pleno KPUD sebagai pasangan calon terpilih.

“Semua punya peran dan tidak ada yang bisa menepuk dada paling berperan hingga pleno penetapan hari ini. Tidak ada hal luar biasa yang mencederai demokrasi kita, kalau ada demo itu biasa dan menjadi bumbu demokrasi,” tegasnya, dan menambahkan, karena Pilkada-nya serentak, maka pelantikan pun serentak yang dijadwalkan Oktober atau Desember 2017. (steny)

Ket Foto : Penyerahan SK Penetapan pasangan bupati dan wakil bupati, Yantji Sunur-Thomas Langoday, oleh Ketua KPUD Lembata, Rabu (14/3).