Elite Demokrat Deklarasikan Dukungan untuk Ahok-Djarot

by -54 views

JAKARTA  – Relawan Agus Harimurti Yudhoyono – Sylviana Murni ramai-ramai mendeklarasikan dukungan kepada pasangan Basuki Tjahaja Purnama – Djarot Saiful Hidayat. Kelompok yang menamakan diri Gerakan Relawan Agus-Sylvi (GERASI), menyatakan mendukung Basuki – Djarot di Jalan Talang, Pegangsaan, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (13/3).

“Kami segenap relawan yang tergabung di dalam GERASI dengan ini mendeklarasikan diri untuk bergabung dan berperan aktif dalam memenangkan pasangan Basuki-Djarot pada Pilkada DKI Jakarta putaran kedua,” kata Ketua GERASI Hendra Surachmat.

Hendra menilai, pasangan petahana memiliki nilai tegas, professional, transparan, bersih, terbukti kerja nyata dan mampu membangun Jakarta serta menciptakan kesejahteraan bagi warga.

Selain itu, dia menuturkan, Basuki-Djarot memiliki program pro terhadap rakyat dan konsisten dalam pemberantasan korupsi. Sehingga, itulah yang menjadi dasar GERASI mendukung incumbent.

Yang mengejutkan, beberapa elit Demokrat juga terlibat dalam deklarasi tersebut. Sebut saja Sekretaris Dewan Pembina Demokrat Ajeng Ratna Suminar, Sekretaris DPP Demokrat Bidang Departemen Pemberantasan Korupsi dan Mafia Hukum Carel Ticualu, Surya Kusumanegara, dan beberapa kader lainnya.

Bahkan, dalam deklarasi itu, ada kader partai yang dikomandoi Susilo Bambang Yudhoyono mengenakan jas partai berkalungkan selendang kotak-kotak.

Menurut Hendra, kepemimpinan Basuki atau yang biasa dipanggil Ahok sangat baik untuk Jakarta. “Pak Ahok ini kan pemimpin tegas, transparan, konsisten pemberantasan korupsi, kerjanya nyata, itu jelas bagi kita,” papar Hendra.

Menurutnya, ibukota paling cocok dipimpin duet Ahok-Djarot. “Kalau yang lain masih janji-janji. Beliau (Ahok) sudah jelas memberikan bukti selama ini. Jadi jelas Gerasi,” ungkapnya, dan mengakui, Gerasi terdiri dari beberapa organisasi masyarakat (ormas). Di dalamnya, kata dia, berisi puluhan ribu anggota yang siap memenangkan incumbent.

SBY Melunak?

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sudah memberikan kelonggaran kepada kadernya untuk memilih calon di pilkada putaran kedua. Initerungkap usai deklarasi Gerakan Relawan Agus-Sylvi (Gerasi) mendukung pasangan Basuki Tjahaja Purnama – Djarot Saiful Hidayat. Dalam deklarasi itu, ada beberapa petinggi PD yang ikut mendukung petahana.

Salah satunya adalah Sekretaris Dewan Pembina DPP Partai Demokrat, Ajeng Ratna Suminar. Dia mengaku, para kader partai berlambang mercy itu sudah diberikan kelonggaran untuk menentukan sikap di pilkada putaran dua. “Kita sudah dibebaskan memilih,” cetusnya di Jalan Talang, Pengangsaan, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (13/3).

Soal alasannya memilih Basuki-Djarot dibandingkan Anies-Sandi, Ajeng mengaku, pasangan petahana sudah mempunyai program yang jelas dan terukur untuk warga ibukota.

Mulai dari sisi pendidikan, kesehatan, lapangan kerja, dan lain sebagainya yang mendatangkan kesejahteraan bagi masyarakat. “Sudah ada buktinya. Kita bukan menjamin, tapi (program kerja Ahok-Djarot) sudah dilakukan,” imbuhnya.

Seperti diketahui, setelah jagoannya tumbang di Pilkada DKI putaran pertama, Relawan Agus Harimurti Yudhoyono – Sylviana Murni mulai mencari pelabuhan baru. (uya/JPG)

Ket Foto : Beberapa elite Partai Demokrat deklarasikan dukungan untuk Ahok-Djarot.