Pleno Rekapitulasi Selesai, Bereun Menang

by -116 views

Larantuka, mediantt.com – Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Tingkat Kabupaten Flores Timur sudah selesai, Kamis (23/2). Hasil rekapitulasi menunjukkan pasangan calon nomor urut 6 Antonius Gege Hadjon-Agustinus Boli (Bereun) dinyatakan sebagai pemenang Pilkada Flotim.

Kegiatan puncak penyelenggaraan Pilkada Flotim ini dilaksanakan sejak Rabu (22/2), berlangsung di Gedung OMK Santa Sisilia, Kelurahan Sarotari. Ratusan aparat keamanan dari Polres Flotim dan Brimob Maumere mengawal ketat kegiatan selama dua hari ini.

Secara keseluruhan Bereun memperoleh 32.947 suara, diikuti paslon nomor 4 Antonius Doni Dihen-Theodorus Marthen Wungubelen (Antero) yang mendapat 29.800 suara. Terdapat selisih sebanyak 3.147 suara. Posisi ketiga ditempati paslon nomor urut 2 Lukman Riberu-Marianus Arkian Bulin (Lurus) yang mendapat 22.859 suara.

Yoseph Lagadoni Herin mantan Bupati Flotim yang berpasangan dengan Marius Payong Paty (Doa Ema) harus puas di posisi nomor empat dengan perolehan 16.999 suara. Paslon nomor urut 5 Yoseph Usen Masan-Michael Mel Ola Fernandez Lewai (Rumah Kita) memperoleh 11.613 suara, dan di posisi buncit paslon nomor urut 1 Andreas Ratu Kedang-Paulus Tokan (Ande-Kedang) memperoleh 7.319 suara.

Hari pertama pleno rekapitulasi berhasil menyelesaikan rekapitulasi dari 10 kecamatan dihadiri saksi semua paslon. Sementara hari kedua menyelesaikan 19 kecamatan, dan hanya dihadiri saksi 3 paslon yakni Lurus, Antero, dan Bereun. Rapat pleno rekapitulasi ini dipimpin Ketua Flotim Ernesta Katana dan dihairi semua komisioner. Ketua Panwaslih Flotim Rofinus Kopong dan anggota terlibat aktif pada kegiatan ini.

Seperti disaksikan wartawan, Kamis (23/2), pleno rekapitulasi hari kedua itu mendapat perhatian dari banyak warga masyarakat. Pleno ini berjalan sangat dinamis, diwarnai perdebatan seru terhadap sejumlah keberatan dari saksi-saksi paslon, terutama Ina Lamabelawa saksi paslon Lurus dan Hendrik Hali Atagoran saksi paslon Antero.

Sementara Syahrir Gunawan saksi paslon Bereun lebih memilih berdebat swecara diplomatis karena paslon ini hampir pasti memenangkan Pilkada Flotim.

KPU Flotim merencanakan Jumat (24/2) hari  ini akan menetapkan hasil pleno rekapitulasi tersebut. Belum diketahui apakah ada paslon yang akan mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi. (vicky da gomez)

Ket Foto: Ketua KPU Flotim Ernesta Katana sedang menandatangani berita acara pleno rekapitulasi, Kamis (23/2).