Rilis KPU Pusat Nyatakan Bereun Pemenang Pilkada Flotim

by -50 views

Larantuka, mediantt.com – KPU Pusat telah merilis hasil perolehan suara Pilkada Flotim melalui website resmi www.pilkada2017.kpu.go.id. Hasilnya, pasangan calon nomor urut 4 Antonius Hubertus Gege Hadjon-Agustinus Boli (Bereun) keluar sebagai pemenang Pilkada Flotim dengan perolehan 32.919 suara atau 27,06 persen.

Hasil ini berdasarkan entry data Model C1 pada 439 TPS (tempat pemungutan suara) yang tersebar pada 19 kecamatan di Kabupaten Flotim. Data ini tidak jauh berbeda dengan penyampaian Antonius Gege Hadjon dalam keterangan pers kepada wartawan di rumahnya, Kamis (16/2). Dia menyebut Bereun memperoleh 32.000 lebih suara.

Posisi kedua ditempati paslon nomor urut 4 Antonius Doni Dihen-Theodorus Marthen Wungubelen (Antero) dengan perolehan 29.930 (24,60 persen). Sementara di tempat ketiga paslon nomor urut 2 Lukman Riberu-Marianus Arkian Bulin (Lurus) dengan perolehan 22.860 suara (18,79 persen).

Paslon petahana nomor urut 3 Yoseph Lagadoni Herin-Marius Payong Paty (Doa Ema) di posisi empat dengan perolehan 16.952 (13,94 persen). Menyusul paslon nomor urut 5 Yoseph Usen Aman-Michael Mel Ola Fernandez (Rumah Kita) dengan perolehan 11.656 suara (9,58 persen). Di posisi buntut paslon nomor urut 1 Andreas Ratu Kedang-Paulus Tokan Kopong Paron (Ande-Paul) memperoleh 7.325 suara (6,02 persen).

Bereun unggul di 6 kecamatan yaitu Adonara Barat, Demon Pagong, Ile Mandiri, Tanjung Bunga, Titehena, dan Wotan Ulumado. Sementara Antero unggul di Kecamatan Adonara, Adonara Tengah, Adonara Timur, Ile Boleng, dan  Klubagolit.

Lurus menang di Kecamatan Larantuka, Lewolema, dan Wulanggitang. Doa Ema merebut Kecamatan  Ile Bura, Solor Barat, Solor Selatan, dan Solor Timur. Rumah Kita unggul di Kecamatan  Witihama, sedangkan Ande-Paul tidak menang pada satu kecamatan pun.

Selain merilis hasil perolehan suara secara keseluruhan, KPU Pusat juga merilis secara detail perolehan suara masing-masing paslon pada 19 kecamatan. Rilis KPU Pusat juga membedah pemilih dan pengguna hak pilih, serta suara sah dan tidak sah.

Meski telah merilis secara resmi, KPU Pusat juga memberikan wanti-wanti bahwa hasil ini hanyalah hasil sementara dan bukan hasil final.

“Portal ini dibuat untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk mengetahui hasil Pilkada Serentak 15 Februari 2017 di seluruh wilayah yang menyelenggarakan Pilkada dengan lebih cepat dan akurat. Data hasil Pilkada berdasarkan entry data Model C1 merupakan hasil sementara dan bukan hasil final. Jika terdapat kesalahan dalam Model C1 akan dilakukan perbaikan pada proses rekapitulasi di tingkat atasnya,” demikian tulis website ini pada lamannya. (vicky da gomez)

Ket Foto : Suasana Pilkada Flotim di salah satu TPS, pada saat belangsung pemungutan suara di TPS, Rabu (15/2).