Pasangan FirmanMu Menang, Jonas Salean Legowo

by -54 views

Kupang, mediantt.com – Dua kali kalah bertarung di Pilkada Kota Kupang, akhirnya perjuangan mantan anggota DPR RI, Jefri Riwu Kore, berbuah hasil memuaskan. Dalam Pilkada serentak di Kota Kupang, Rabu (15/2), Jefri yang bertandem dengan Herman dipercayakan memimpin Kota Kupang, lima tahun ke depan. Hasil perhitungan hingga pukul 18.00 Wita, pasangan yang bersandi politik FirmanMu ini dinyatakan menang, mengalahkan rival politiknya, Jonas Salean yang berduet dengan Niko Frans. Jonas pun legowo dan mengakui kemenangan pasangan Firmanmu.

Data yang diperoleh menunjukkan, kemenangan paket yang diusung koalisi Partai Demokrat, PAN, PKS dan partai lainnya ini, menang di lima kecamatan. Kepastian kemenangan ini dilihat dari persentase suara berdasarkan realcount Script Survey Indonesia (SSI). Hingga pukul 19:47 Wita, perolehan suara paket FirManMu melejit jauh dibandingkan rivalnya Jonas Salean-Nikolaus Frans (Sahabat).

Dalam pergitungan yang dirilis, paket FirManMu memperoleh 79.511 (53,36 %), sementara Sahabat 69.499 (46,64 %). Jumlah ini diinput dari 596 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari total 660 TPS, atau masih tersisa 64 TPS. Jumlah suara sah yang masuk sebanyak 149.010 dari total daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 234.080.

Meski demikian, sampai berita ini tayang, masih terus menunggu hingga total suara secara keseluruhan masuk.

Pantauan Wartawan, para pendukung paket FirManMu merayakan kemenangan dengan melakukan pawai keliling Kota Kupang. Sambil berkeliling mereka meneriakan yel yel “FirManMu Menang”. Euforia kemenangan ini juga sempat membuat kemacetan di sejumlah titik di Kota Kupang.

Selain itu, massa pendukung FirManMu juga berbondong-bondong datang menyampaikan ucapan selamat kemenangan kepada Jefirtson Riwu Kore dan Hermanus Man di Rumah Aspirasi, antara lain, Ketua DPD Gerindra NTT, Esthon Foenay, Anggota DPR RI, Fary Francis, Ketua Persatuan Orang Timor (POT), Jonathan Nubatonis, serta sejumlah tokoh dan sejumlah masyarakat dan simpatisan.

Calon Wakil Wali Kota Kupang, Hermanus Man ketika dikonfirmasi menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih yang sangat besar kepada masyarakat Kota Kupang yang telah ikut berpartisipasi dalam Pilkada Kota Kupang. Menurut dia, hasil yang diperoleh saat ini masih bersifat sementara. Karena itu, dia meminta kepada semua pendukung untuk tetap tenang dan bersabar.

“Sementara ini memang perolehan suara paket FirManMu jauh diatas. Namun ini harus tetap dikawal hingga penentuan akhir oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD),” ujarnya.

Jonas Akui  

Secara terpisah, Calon Walikota Kupang, Jonas Salean mengakui kemenangan paket Firmanmu dalam pilkada Walikota Kupang dan Wakil Walikota Kupang tahun 2017. Kemenangan FirmanMu pun juga berdasarkan real count yang dilakukan oleh Tim Sahabat.

“Kita sampaikan terima kasih, kita sudah berusaha tapi lima tahun ke depan Tuhan menentukan paket Firmanmu,” kata Jonas di Sekretariat Keluarga Sahabat, sekitar puku; 19.00 Wita. (jdz)

Ket Foto : Pawai kemenangan oleh simpatisan dan pendukung pasangan FirmanMu.