Bereun Klaim Menang, KPU Flotim Baru Kirim 2 TPS

by -161 views

Larantuka, Mediantt.com – Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Flotim nomor urut 6 Antonius Gege Hadjon dan Agustinus Payong Boli (Bereun), mengklaim menang pada Pilkada Flotim, Rabu (15/2). Sementara itu KPU Flotim sendiri baru mengirim hasil scan Formulir C1 dari 2 tempat pemungutan suara (TPS).

Bereun tidak saja sekadar klaim menang, tapi ratusan pendukung paslon yang diusung PDI Perjuangan, Partai Gerindra dan PAN melakukan konvoi kemenangan di dalam Kota Larantuka. Konvoi dilakukan secara lokal pada areal kelurahan-kelurahan. Aparat keamanan dari polisi dan TNI memblokade jalur konvoi per wilayah.

Pantauan wartawan, sekitar pukul 18.00 Wita pendukung Bereun memadati Sekretariat Bereun di Kelurahan Sarotari. Mereka bersorak-sorak setelah ada penyampaian bahwa Bereun sementara unggul dan sulit dikejar paket lain. Banyaknya pendukung yang memenuhi mengakibatkan ruas jalan di situ menjadi macet.

Sementara itu, di beberapa titik seperti Balela, Lokea, Postoh, konvoi kendaraan roda dua dan roda empat dari pendukung Bereun pun terjadi secara spontan. Aparat keamanan pun harus mencairkan konvoi kendaraan tersebut untuk menghindari kemacetan, juga antisipasi konflik antarpendukung.

Selain konvoi kemenangan, Cabup Antonius Gege Hadjon pun memberikan keterangan pers kepada wartawan di Sekretarian Bereun di Kelurahan Sarotari. Dia mengatakan, dari hasil rekapitulasi sementara melalui perhitungan cepat Sekretariat Bereun, disebutkan Bereun unggul 2.000 suara dari paslon nomor urut 4, Antonius Doni Dihen dan Theodorus Marthen Wungubelen (Antero). Anton Hadjon tidak menyebut secara detail hasil perhitungan cepat tersebut.

“Sementara ini Tim Bereun masih terus melakukan perhitungan. Data riilnya nanti kami sampaikan. Kami main di selisih saja, posisi sekarang selisih 2.000 dari Antero,” jelas dia.

Seorang Tim Bereun menyebutkan, rekapitulasi berdasarkan Formulir C1 yang dipegang saksi-saksi di TPS. Untuk sementara Bereun memperoleh lebih dari 29.000 suara. Dari 439 TPS, masih 50 TPS di Kecamatan Solor Barat dan Tanjung Bunga yang belum direkap. Dua kecamatan ini diklaim sebagai basis Bereun.

Ketua KPU Flotim Ernesta Katana yang dihubungi ke telepon selular mengatakan, pihaknya harus mengikuti semua proses dan tahapan sebelum menyampaikan keseluruhan hasil Pilkada Flotim. Bahwa sudah ada paket yang mengklaim menang, dia mengatakan KPU punya mekanisme tersendiri.

Hingga saat ini KPU Pusat sendiri belum merilis perhitungan cepat untuk KPU Flotim. Menurut Ernesta, pihaknya baru mengirim hasil scan dari 2 TPS.

Yosni Kalah

Pantauan wartawan, Yoseph Herin Lagadoni, Bupati Flotim periode lalu, dan sebelumnya pernah menjadi Wakil Bupati Flotim, harus mengaku kalah di tempat pemungutan suara (TPS) sendiri. Kondisi berbeda jika dibandingkan dengan Anton Gege hadjon dan Andreas Ratu Kedang yang menang telak di masing-masing TPS  mereka.

Yoseph Herin Lagadoni mencoblos di TPS Lokea 1. Dari hasil perhitungan suara, dia hanya memperoleh 39 suara dari 287 suara sah (13,5%). Posisi dia berada di urutan ketiga setelah pasangan calon Antonius Doni Dihen-Theodorus Marthen Wungubelen (Antero) yang memperoleh 114 suara (39,72%), dan paslon Lukman Riberu-Marianus Arkian Bulin yang mendapat 85 suara (29,61%)

Kekalahan di kandang sendiri bisa jadi adalah pukulan berat bagi Yosni Herin. Beberapa calon lain justeru pada awalnya lebih mengamankan basis di TPS sendiri. Dan itu yang diperlihatkan Anton Gege Hadjon dan Andreas ratu Kedang.

Mencoblos di TPS 4 Waibalun, Anton Gege Hadjon yang diusung PDIP, Gerindra, dan PAN, menang telak. Mantan Wakil Ketua DPRD Flotim ini mendapatkan 250 suara dari 377 pemilih (66,31%). Menyusul berikutnya Andreas Ratu Kedang memperoleh 71 suara (18,83%).

Andreas Ratu Kedang yang mencoblos di TPS Lamawalang 1 berhasil mendapuk 271 suara dari 526 pemilih (51,52%). Anton Gege Hadjon menempel ketat dengan perolehan 189 suara (35,93%).

Postoh Milik Lurus

Pasangan calon nomor urut 2 Lukman Riberu-Marianus Arkian Bulin (Lurus) memenangkan pertarungan di Kelurahan Postoh. Lurus unggul pada 3 TPS yang ada kelurahan ini. Secara keseluruhan Lurus mengumpulkan 272 suara dari 866 suara sah (31,41%).

Antero menyusul dengan 221 suara (25,52%), berikutnya Bereun dengan 184 suara (21,25%), paslon Yoseph Usen Aman-Michael Mel Ola Fernandez Lawai (Rumah Kita) 84 suara (9,70%), Yoseph Lagadoni Herin-Marius Payong Paty (Doa Ema) 69 suara (7,97%), dan Andreas ratu Kedang-Paulus Tokan Kopong Paron (Ande-Paul) 46 suara (5,31%). (vicky da gomez)

Ket Foto: Pendukung Paket Bereun memadati Sekretariat Bereun di Kelurahan Sarotari, merayakan kemenangan Bereun pada Pilkada Flotim, Rabu (15/2).