Wartawan di Sikka Siap Masuk ke Sekolah

by -51 views

Maumere, mediantt.com – Ketua Aliansi Wartawan Sikka (AWAS) Ruben Riantobi mengatakan, wartawan di Kabupaten Sikka yang tergabung dalam AWAS, siap masuk ke sekolah-sekolah untuk memberikan pelatihan jurnalistik untuk merespons banyaknya permintaan dari sejumlah sekolah.

Kepada wartawan di sela-sela peringatan Hari Pers Nasional (HPN) di Hotel Nara Room, Kamis (9/2), kontributor TVRI ini mengatakan, antusias sekolah-sekolah itu muncul ketika mengetahui AWAS melakukan pelatihan jurnalisitik yang melibatkan sekolah-sekolah lanjutan atas dan sederajat di Kota Maumere.

“Banyak sekali permintaan dari sekolah-sekolah. Tentu ini hal yang baik sekali dan positip. Kami akan diskusikan dan membagi waktu untuk masuk ke sekolah-sekolah. Prinsipnya kami juga sangat senang jika diundang memberikan pelatihan jurnalistik bagi para pelajar,” ujar dia.

Memperingati HPN dan HUT ke-1 AWAS, wadah berhimpun wartawan di Sikka ini, Kamis (9/2), menggelar pelatihan jurnalistik untuk para pelajar SMA/SMK/MA di Kota Maumere. AWAS mengundang 60 pelajar yang adalah perwakilan dari sekolah-sekolah. Setiap sekolah hanya mengutus 3 peserta. Ada beberapa sekolah malah mengikutsertakan guru-guru.

Pelatihan jurnalistik yang dilaksanakan di Hotel Nara Room ini, dibuka oleh Bupati Sikka Yoseph Ansar Rera. Materi jurnalistik yang dibagikan kepada para pelajar masih sangat terbatas, yakni penulisan stright news, feature, dan teknik pengambilan gambar dan video.

Selain materi jurnalistik, AWAS juga menggandeng pemateri lain untuk menambah wawasan dan pengetahuan para pelajar seperti Wawasan Kebangsaan oleh Pasi Intel Kodim 1603 Sikka, Kantibmas oleh Kapolres Sikka, Kemaritiman oleh Wadanlanal Maumere, Fungsi Legislatif oleh Ketua DPRD Sikka, dan UU ITE oleh Kepala Dinas Kominfo Sikka.

Kegiatan ini berlangsung satu hari penuh. Para peserta mengikuti seluruh materi dengan sangat antusias. Usai kegiatan AWAS membagikan sertifikat pelatihan jurnalistik kepada peserta.

Sebelumnya, masih dalam rangka memperingati HPN dan HUT ke-1 AWAS, pada Jumat (3/2) lalu para wartawan melaksanaan aksi bakti sosial dengan membersihkan sampah di sepanjang Jalan Raja Centis dari Kantor Flores Pos Maumere sampai Toko Nita. (vicky da gomez)