Dinas Kependudukan Hanya Terbitkan 3 Ribu SK Pengganti e-KTP

by -55 views

KUPANG – Beredarnya kabar bahwa Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kupang mengeluarkan 10 ribu Surat Keterangan (SK) pengganti KTP Elektronik (e-KTP), ternyata tidak benar. Sebab, Dinas Dukcapil Kota Kupang hanya menerbitkan 3 ribu SK pengganti e-KTP.

“Hingga saat ini kami hanya mengeluarkan Surat Keterangan (SK) pengganti Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) sebanyak 3.427, sejak 23 Oktober 2016 hingga 10 Februari 2017. Ini sesuai dengan format yang diterbitkan Kemendagri,” tegas Kepala Dinas Disdukcapil Kota Kupang, David Manggi, Jumat (10/2).

Ia menjelaskan, pembuatan SK pengganti e-KTP, dibuat berdasarkan format yang dikeluarkan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) yang menjadi pedoman bagi Dukcapil di seluruh Indonesia. SK pengganti e-KTP digunakan untuk kepentingan pengurusan hak-hak warga, diantaranya pengurusan perbankan, imigrasi, kepolisian, pernikahan dan asuransi.

Selain itu juga bisa digunakan untuk kepentingan pemilu, pilkada dan pillkades. “Saya tidak pernah mengeluarkan SK pengganti e-KTP hanya semata untuk kepentingan pilkada, namun untuk seluruh kepentingan kelengkapan dokumen pribadi,” tegas David.

Penerbitan SK pengganti e-KTP miliki keabsahan yang sama seperti e-KTP yang diterbitkan Dukcapil, namun memiliki jangka waktu berlaku terbatas selama enam bulan sejak diterbitkan.

Ia juga dengan tegas membantah informasi bahwa pihaknya telah mengeluarkan surat keterangan sebanyak 10 ribu. “Itu hanya isu yang dihembuskan oleh orang yang tidak bertanggungjawab, yang ingin mengacaukan Pilkada Kota Kupang,” tegasnya.

Anggota KPU Kota Kupang Lodowyk Frederik ketik dikonfirmasi mengatakan, KPUD hanya melayani surat keterangan yang dikeluarkan Dukcapil Kota Kupang. “Kami hanya melayani warga yg membawa e-KTP atau SK yang memang dikeluarkan Dikcapil,” tegasnya. (*/ron)

Foto : Ilustrasi