Bersihkan Drainase, Beton di Jalan Anggrek Dibongkar

by -51 views

Maumere, mediantt.com – Beton-beton penutup drainase di sepanjang Jalan Anggrek Perumnas di Kelurahan Madawat, Kecamatan Alok, akhirnya dibongkar, Kamis (9/2). Ini dilakukan untuk memudahkan masyarakat atau pengusaha pemilik toko membersihkan sampah-sampah yang sudah menumpuk selama puluhan tahun.

Seperti disaksikan wartawan, beton-beton itu dibongkar menggunakan loader. Alat berat milik Dinas Pekerjaan Umum Sikka ini membongkar semua beton. Beton-beton yang sudah dibongkar ditata rapi di sekitar drainase.

Ketika beton-beton tersebut dibongkar, tampak tumpukan sampah yang menggunung sampai ke atas permukaan drainase. Sampah-sampah itu beragam jenis, dari plastik, kertas dan dos, gelas air mineral, limbah rumah tangga, sampai limbah toko.

Pembongkaran beton penutup drainase ini diawali dari ET Shop sampai ke depan Toko Duta Elektrik. Kegitan ini dimulai sekitar jam 17.00 Wita. Camat Alok Fitrinita Kristiani bersama Sekcam Alok Bernadus Absalon Parera langsung mengawasi pembongkaran. Hadir juga Kepala Dinas PU Agustinus Boy Satrio,  Lurah Madawat Mario dan sejumlah staf kelurahan.

Sebelum melakukan pembongkaran, pihak kecamatan dan kelurahan melakukan pendekatan kepada para pengusaha toko. Pembongakran berlangsung aman sampai sekita pukul 21.00 Wita.

Jalan Anggrek Perumnas belakangan ini menjadi momok jika terjadi hujan besar. Praktis air hujan tidak bisa tertampung pada drainase sehingga meluap sampai ke badan jalan mengakibatkan genangan banjir setinggi kurang lebih 50 centimeter.

Bupati Ansar Rera Pantau

Bupati Sikka Yoseph Ansar Rera menyempatkan diri memantau bakti sosial di Jalan Anggrek Perumnas. Dia mengenakan pakaian santai karena hari itu seluruh aparatur sipil negara diperitahkan untuk kerja bakti.

Dengan mengenakan topi merah Ansar Rera memantau drainase di sepanjang Jalan Anggrek, mulai dari depan Tugu MOF sampai ke belakang Gelora Samador da Cunha Maumere. Sesekali dia menyapa ASN yang sedang mengeruk sampah dari drainase dengan menggunakan sekop.

Camat Alok Fitrinita Kristiani mendampingi Ansar Rera memantau seluruh drainase. Hadir juga antara lain Kapolsek Alok Messakh Hetharie, Kepala Dinas PU Agustinus Boy Satrio, Sekcam Alok Bernadus Absalon Parera, Lurah Madawat Mario, Lurah Kabor Ariston Noning, DAN Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas PI Petrus Pau.

Hingga saat ini belum diketahui sejauh mana Ansar Rera akan merancang sebuah drainase yang nyaman sehingga tidka menjadi tempat pembunagan sampah dan limbah, baik rumah tangga maupun toko. (vicky da gomez)

Ket Foto: Bupati Sikka Yosep Ansar Rera sedang memantau kerja bhakti para aparatus sipil negara di sepanjang drainase Jalan Anggrek Perumnas di Kelurahan Madawat, Kecamatan Alok, Jumat (10/2).