Panik Karena Isu Tsunami, Warga Wuring Dievakuasi

by -114 views

Maumere, mediantt.com –  Ratusan warga Kampung Wuring Ujung di Kelurahan Wolomarang, Sikka, dilaporkan panik, Selasa (7/2). Mereka termakan isu akan terjadi tsunami lagi di wilayah itu. Warga pun segera evakuasi menyelamatkan diri dan barang mereka. Warga yang panik ini sebagian besar tinggal di rumah-rumah panggung yang selama satu minggu terakhir diterjang banjir ROB.

Meski kehidupan terancam, mereka belum mau pindah ke tempat lebih nyaman. Entah siapa yang lebih dulu menghembuskan isu tsunami. Hingga saat ini masih dicari tahu sumbernya.

Sejak Selasa pagi, gelombang pasang dan angin kencang menghantam Kota Maumere termasuk Wuring Ujung. Ditambah dengan isu tsunami, ratusan warga Kampung Wuring Ujung pun akhirnya mau mengevakuasi diri.

Tagana Sikka dan Basarnas ikut membantu proses evakuasi. Evakuasi sedikit mengalami kesulitan karena jalur evakuasi hanya melalui jembatan penghubung tradisional dari bambu. Jembatan ini merupakan sarana transportasi dari satu rumah panggung ke rumah panggung lain atau ke daratan.

Basarnas Maumere pun sempat kesulitan ketika harus mengevakuasi seorang warga yang cacat tubuh. Sejak Selasa siang warga Kampung Ujung membuka dapur umum di Masjid Ar Rahmat Wuring, yang letaknya tidak begitu jauh dari Kampung Ujung.

Hingga Selasa malam, warga masih belum berani kembali ke rumah mereka. Apalagi setelah diketahui ada tiga rumah yang rusak parah, dan dua di antaranya hanyut dibawa banjir ROB. (vicky da gomez)

Ket Foto : Tim Basarnas Maumere sedang mengEvakuasi warga di Wuring Ujung, Selasa (7/2) siang.