Wartawan di Sikka Gelar Pelatihan Jurnalistik bagi Pelajar

by -60 views

Maumere, mediantt.com – Wartawan di Kabupaten Sikka yang tergabung dalam Aliansi Wartawan Sikka (AWAS) akan menggelar pelatihan jurnalistik bagi para pelajar SMA/SMK/MA dalam Kota Maumere. Kegiatan ini rencananya dibuka Bupati Sikka Yoseph Ansar Rera pada Kamis (9/2) di Hotel Nara Room, bertepatan dengan Hari Pers Nasional (HPN).

Ketua AWAS Ruben Suban Raya menjelaskan, pelatihan jurnalistik digelar untuk memperingati HPN dan HUT ke-1 AWAS. Sebelumnya, AWAS juga menginisiatifi bakti sosial, Jumat (3/2), yang melibatkan kurang lebih 100 orang dari berbagai elemen masyarakat.

Menurut dia, pelatihan jurnalisitk bagi pelajar untuk memberikan pengetahun dasar-dasar jurnalisitik kepada para pelajar. Diharapkan, dari pelatihan jurnalistik tersebut, para pelajar dapat mengembangkan minat dan bakatnya pada jurnalistik.

Untuk sementara, kata dia, kegiatan ini masih terbatas pada SMA/SMK/MA dalam Kota Maumere saja. Itu pun setiap sekolah hanya mengutus beberapa perwakilan saja. AWAS akan memanfaatkan momen lain untuk membuat pelatihan yang sama bagi pelajar SMA/SMK/MA di luar Kota Maumere, termasuk kepada SMP dan sederajat.

Dia mengakui ketika kegiatan ini di-publish ke media sosial, banyak sekali permintaan dari sekolah dan kalangan umum agar pelatihan jurnalistik dilaksanakan di sekolah-sekolah.

“Banyak juga yang minta agar kami bikin pelatihan jurnalistik di sekolah. Ini sesuatu yang baik, nanti kami akan cari waktu yang pas. Maklum teman-teman anggota juga cukup sibuk dengan tugas-tugas di lapangan,” ujar kontributor TVRI ini.

Selain pelatihan jurnalistik, dalam momen yang sama, AWAS juga mengundang beberapa pihak untuk menyampaikan materi-materi yang terkait dengan tugas dan kewajiban pelajar. Misalnya Bupati Sikka akan membawakan peran pelajar pada pembangunan, Ketua DPRD Sikka menyoal kepemimpinan, Kapolres Sikka dengan materi kantibmas, Dandim 1603 Sikka berbicara tentang kebhinekaan, Danlanal Maumere membedah kemaritiman, dan Kepala Dinas Kominfo mengurai UU ITE. (vicky da gomez)

Ket Foto: Para wartawan di Sikka tengah mengikuti acara Deklarasi Aliansi Wartawan Sikka (AWAS), tahun lalu.