Tinggi Gelombang 6 Meter, ASDP Tutup Lima Rute Pelayaran di NTT

by -112 views

KUPANG –PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan Feri Cabang Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), menutup lima rute pelayaran kapal di wilayah itu, karena cuaca buruk yang menyebabkan gelombang tinggi mencapai enam meter.

Kepala PT ASDP Feri Cabang Kupang, Arnoldus Yansen mengatakan, lima rute yang ditutup itu adalah Kupang-Rote, Kupang- Sabu, Kupang Flores Timur, Kupang-Ende dan Kupang Kalabahi.

“Kapal yang berlayar hanya rute Kupang -Waingapu (Kabupaten Sumba Timur)-Aimere (Kabupaten Nagekeo) dan Kupang-Hansisi (Pulau Semau Kabupaten Kupang). Sedangkan lima lintasan kita tutup sementara,” kata Arnoldus kepada Kompas.com, Sabtu (4/2/2017).

Yansen memastikan bahwa penghentian pelayaran ini akan berlangsung mulai Sabtu (4/2/2017) hari ini hingga Selasa (7/2/2017) mendatang.

“Pelayaran ditutup akibat cuaca buruk di perairan yang mengakibatkan tinggi gelombang berkisar antara 4 sampai 6 meter dan kecepatan angin berkisar 15-30 knot yang tentunya akan membahayakan pelayaran,” kata Yansen.

Yansen mengaku, pihaknya tidak ingin mengambil risiko bila pelayaran lima rute itu dibuka. Pihaknya akan tetap memantau dan tunggu informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kupang. (*)

Foto : Ilustrasi