Ansar Rera Minta Masyarakat Lapor Jika Ada Pungutan Liar

by -192 views

Maumere, mediantt.com – Menyikapi kebijakan Presiden Jokowi memberantas pungutan liar (Pungli) yang marak akhir-akhir ini, Bupati Sikka Yoseph Ansar Rera merespons dengan membentuk Unit Pemberantasan Pungli. Ia berharap, masyarakat membantu melapor atau memberikan informasi di mana potensi dan lokasi terjadinya pungli atau mengalami pungli itu sendiri.

Yoseph Ansar Rera menyampaikan hal ini saat mengukuhkan Satuan Tugas Sapu Bersih (Satgas Saber Pungli), Rabu (25/1), di Lantai 2 Aula Pertemuan Kantor Bupati Sikka, Jalan Ahmad Yani Mamere. Di tingkat Kabupaten Sikka, Satgas Saber Pungli ini disebut dengan Unit Pemberantasan Pungli.

Menurut dia, Unit Pemberantasan Pungli harus proaktif terhadap laporan masyarakat dengan menindaklanjuti dan bekerja sesuai prosedur yang berlaku sejalan dengan tugas dan kewenangannya.

Wakapolres Sikka Mohammad Saleh dipercayakan sebagai Ketua Pelaksana Satgas Saber Pungli Sikka. Dia dibantu 20 personil dari beberapa unsur seperti Polres Sikka, Kodim 1603 Sikka, Kejaksaan Negeri Maumere, dan beberapa instansi terkait di Permkab Sikka.

Satgas Saber Pungli dibentuk berdasarkan Perpres Nomor 87 Tahun 2018 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih. Ini merupakan bagian dari paket kebijakan hukum pertama dari Presiden Jokowi. Penanganan pungli merupakan salah satu prioritas presiden menyusul banyaknya keluhan masyarakat yang diterima presiden.

Ansar Rera mengajak Satgas Saber Pungli agar mengutamakan fungsi intelijen dan pencegahan untuk penyadaran, dengan melakukan sosialisasi ke bergagai organisasi yang melayani kebutuhan masyarakat. Dia juga meyakinkan agar Satgas Saber Pungli jangan ragu melakukan penindakan untuk menimbulkan efek jera bagi pelaku pungli. Sebab pungli telah dinilai merusak sendi kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara.

Ketua DPRD Sikka Rafael Raga yang hadir pada pengukuhan ini mengatakan, pungli sudah menjadi sejenis penyakit yang ada di tengah masyarakat. Dia mengimbau agar semua orang dalam tugas kesehariannya melayani masyarakat harus menjadi pengendali pungli.

Rafael Raga juga mengingatkan pemerintah agar ke depannya merevisi peraturan-peraturan daerah yang menyangkut tarif. Sebab, sebut dia, masih cukup banyak peraturan daerah seperti itu yang justeru meningkatkan kebocoran dan berpotensi terjadinya pungli. (vicky da gomez)

Ket Foto: Bupati Sikka Yoseph Ansar Rera mengukuhkan Unit Pemberantasan Pungli sebagai tindak lanjut dari kebijakan Presiden Jokowi tentang Satgas Sapu Bersih, di Lantai 2 Aula Kantor Bupati Sikka, Rabu (25/1).