Aneh! Bekas Mobil Dinas Pimpinan DPRD Sikka Hilang

by -118 views

Maumere, Mediantt.com – Sejak 2015, Pimpinan DPRD Sikka periode 2014-2019 menggunakan mobil dinas jenis Pajero. Sebelumnya Ketua dan dua Wakil Ketua menjalankan tugas dengan kendaraan jenis Innova. Kini tiga buah bekas mobil dinas itu menghilang dari peredaran. Diduga tiga mobil ini “diselundup” oleh pihak-pihak yang tidak berkewenangan.

Tiga mobil jenis Innova yang digunakan Pimpinan DPRD Sikka sejak mereka dilantik, sifatnya adalah pinjam pakai dari Bagiam Umum Setda Sikka. Dengan demikian, setelah menggunakan kendaraan Pajero yang dianggarkan oleh Sekretariat DPRD Sikka, praktis ketiga mobil tersebut harus dikembalikan kepada Bagian Umum.

Mediantt.com berupaya menelusuri keberadaan tiga buah Innova tersebut. Menurut pantauan, sejak menggunakan Pajero, praktis Innova tidak lagi berada di lingkungan kerja Sekretariat DPRD Sikka. Informasi yang terekam, Innova tersebut tercatat sebagai aset Bagian Umum. Sehingga kemungkinan besar Innova sudah ditarik Bagian Umum.

Ternyata mobil itu tidak ada di Bagian Umum Setda Sikka. Kemungkinan sudah diserahkan pada satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lainnya di lingkup Pemkab Sikka sebagai kendaraan operasional.

Dari pantauan, ternyata bekas mobil dinas Pimpinan DPRD Sikka sama sekali tidak difungsikan pada SKPD lain di Pemkab Sikka. Lalu di manakah keberadaan tiga mobil tersebut?

Informasi lain menyebutkan, ada beberapa narasumber yang diketahui cukup paham dengan keberadaan tiga buah Innova. Ketika menemui sejumlah narasumber ini, mereka masih belum berani memberikan informasi. Terkesan ada sesuatu yang ditutup-tutupi.

Apa yang dikhawatirkan sehingga para narasumber ini tidak berani membuka tabir? Sepertinya ada dugaan menghilangnya tiga buah kendaraan dinas berjenis Innova, erat kaitannya dengan pejabat-pejabat penting di Kabupaten Sikka. Inilah yang membuat pihak-pihak yang tahu persis keberadaan Innova enggan memberikan informasi akurat.

Ketua DPRD Sikka Rafael Raga dari Fraksi Partai Golkar menggunakan Innova warna silver dengan plat EB 4 B. Wakil Ketua DPRD Sikka Stephanus Say dari Fraksi Gerindra menggunakan Innova warna biru dengan plat EB 8 B. Wakil Ketua Donatus David dari Fraksi PDIP menggunakan Innova warna biru dengan plat EB 9 B.

Pengadaan mobil Innova ini pada tahun 2007 melalui anggaran Bagian Umum Setda dengan masing-masing mobil seharga Rp 199.976.666. Sebelumnya tiga mobil ini sempat digunakan Pimpinan DPRD Sikka periode 2009-2014 yaitu Ketua Rafael Raga, Wakil Ketua Felix Wodon, dan Wakil Ketua Alexander Longginus.

Sejumlah warga menyesalkan hilangnya tiga buah mobil Innova yang pada dasarnya dianggarkan dengan menggunakan uang rakyat. Mereka menuntut Bagian Umum Setda Sikka selaku pemilik aset berani memperjelas keberadaan tiga buah mobil tersebut. Jika benar mobil itu menghilang, masyarakat meminta pemerintah segera melaporkannya ke kepolisian agar ditindaklanjuti secara hukum. (vicky da gomez)

Ket Foto: Ini salah satu mobil dinas Pimpinan DPRD Sikka yang diduga hilang, sebelumnya sebagai kendaraan operasional Wakil Ketua DPRD Sikka Alex Longginus dengan plat EB 107 VG, diganti menjadi EB 9 B sebagai kendaraan operasional Wakil Ketua Donatus David.