Relawan Jokowi dan DPRD Kota Sepakat Laporkan Kepsek Nakal ke Polisi

by -105 views

Kupang, mediantt.com – Unjuk rasa yang diberi nama Aksi 111 membuahkan hasil melegakan. Pengunjukrasa yang dimotori Relawan Jokowi bersepakat dengan DPRD Kota Kupang untuk melaporkan para kepala sekolah nakal yang tidak memberikan surat keterangan kepada siswa penerima beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP).

“Kita sepakat kalau kita polisikan kepsek nakal di Kota Kupang yang tidak memberikan surat keterangan kepada para siswa penerima beasiswa PIP,“ kata kordinator unjuk rasa, John Ricardo saat berdialog dengan DPRD Kota Kupang, Rabu (11/01/2017).

Ricardo menegaskan, setiap siswa yang sudah menadapatkan bantuan PIP tentunya sudah melalui verifikasi oleh kementrian pendidikan dan kebudayaan sehingga secara otomatis siswa tersebut pasti sudah mempunyai Surat Keputusan dari Kemendikbud.

“Semua anak yang dapat pasti ada SK-nya karena ini sudah melalui verifikasi dari kementrian,” tegasnya.

Hal senada disampaikan angota Rumah Aspirasi Jeriko, Alis Siokai. Ia mengatakan, masalah PIP sebenarnya sangat sederhana karena semua penerima PIP sudah mempunyai SK dari kementrian pendidikan dan kebudayaan.

Menurut dia, polemik soal PIP ini muncul karena bertepatan dengn momen politik Pilkada Kota Kupang sehingga kepentingan lebih didahulukan. “Kalau saja tidak ada momentum politik, pasti aman,” tegasnya.

Sekeretaris Relawan Jokowi Rudi Tokan menegaskan, segala sesuatu tentunya berlandaskan aturan, sehingga masyarakat harus mengikuti aturan yang ada. “Soal PIP ini sudah jelas  bahwa secara administrasi tidak ada kendala. Semua sudah sesuai regulasi,” katanya.

Pantauan media ini, Aksi 111 ini sempat diwarnai kericuhan karena saat para pengunjuk rasa yang rata-rata para siswa dan orangtua siswa, dihadang petugas polisi dan Pol PP ketika berusaha menerobos masuk ke gedung DPRD Kota Kupang untuk berdialog dengan anggota dewan.

Aksi saling dorong pun tak terhindarkan antara pengunjuk rasa dan aparat keamanan. Beberapa orang ibu berupaya menerbos pagar betis aparat keamanan, namun tidak berhasil. (jdz)

Ket Foto : Para pengunjuk rasa sedang bergerak menuju DPRD Kota Kupang untuk menyampaikan aspirasinya soal beasiswa PIP, Rabu (11/1).