Aksi 111 Libatkan Ratusan Pelajar dan Orangtua ‘Gugat’ Pemkot Kupang

by -149 views

Kupang, mediantt.com – Barisan Relawan Jokowi di Kupang menggelar aksi demo ‘menggugat’ Pemerintah Kota Kupang yang dinilai menghambat pencairan dana Program Indonesia Pintar (PIP), yang disalurkan melalui Rumah Aspirasi Jeriko. Menariknya, aksi demo ini melibatkan ratusan siswa-siswi dan sekitar seribu orangtua siswa.

Seperti disaksikan mediantt.com, Rabu (11/1), aksi demo 111 yang dimotori Relawan Jokowi di Kupang ini, dimulai dari GOR Oepoi Kupang, kemudian bergerak bersama menuju Gedung DPRD Kota Kupang selanjutnya ke Kantor Walikota, untuk menyampaikan aspirasinya.

Para demonstran mengenakan kain hitam penutup mulut sebagai tanda duka, atas matinya hati nurani pejabat pemerintahan di Kota Kupang sehingga tidak ingin memberikan hak para siswa.

Tampak ratusan siswa-siswi memegang penflet dan plang serta spanduk yang bertuliskan seruan untuk segera mencairkan dana PIP dan menangkap aktor dibalik terhambatnya penyaluran beasiswa PIP dana tersebut.

“Usut tuntas oknum penghambat pembayaran PIP. Tangkap dan adili aktor penghambat PIP. Tangkap pejabat yang mengebiri Hak Rakyat,” begitu bunyi beberapa tulisan pada spanduk yang dipegang para pelajar dan orangtua siswa.

Ketua Jenggala NTT, Jhon Richardo, kepada wartawan mengatakan, aksi demo yang digelar ini untuk menuntut Pemerintah Kota Kupang, dalam hal ini para kepala sekolah untuk segera mengeluarkan surat keterangan dari sekolah sehingga para siswa bisa mencairkan dana Program Indonesia Pintar (PIP).

Menurut Richardo, aksi ini sebagai tuntutan untuk memperjuangkan hak siswa, dan jika dalam aksi ini tidak diindahkan maka pihaknya akan menempuh jalur hukum bersama orangtua siswa.

“Kalau aksi kami ini tidak ditindaklanjuti maka kami juga tidak main-main, kami akan tempuh jalur hukum bersama para Orangtua siswa,” tegasnya. (jdz)

Ket Foto : Para peserta demo sedang berkumpul di GOR Oepoi Kupang sebelum bergerak ke DPRD dan Kantor Walikota Kupang.