ASDP Kupang Tutup Seluruh Rute Pelayaran Feri

by -120 views

KUPANG – Ini kabar terbaru untuk pengguna jasa angkutan laut, terutama kapal Fery. Akibat cuaca buruk, PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Fery Cabang Kupang, Nusa Tenggara Timur, menutup sementara seluruh rute pelayaran kapal, terhitung mulai Kamis, 22 Desember 2016.

“Pelayaran fery ditutup sampai cuaca kembali normal,” kata Kepala PT ASDP Indonesia Feri Cabang Kupang Arnoldus Yansen kepada wartawan, Kamis (22/12).

Ia mengatakan, sesuai laporan BMKG Stasiun El Tari Kupang, tinggi gelombang di perairan diperkirakan berkisar 2,5-6 meter dan dan kecepatan angin mencapai 635 knot sangat berbahaya bagi armada pelayaran terutama kapal nelayan dan kapal penyeberangan.

Tinggi gelombang enam meter terjadi di Samudera Hindia selatan NTT, selat Ombai dua meter, Selat Sape 2,5 meter, perairan utara Flores tiga meter, Selat Sumba hingga perairan Kupang dan Rote 3,5 meter, dan Laut Sawu empat meter.

Tinggi Gelombang maksimum dapat mencapai dua kali tinggi gelombang saat ini. Masyarakat diimbau mewaspadai cuaca buruk tersebut guna mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Gubernur NTT, Drs Frans Lebu Raya, juga meminta agar masyarakat NTT yang mudik untuk Natal dan Tahun Baru lebih berhati-hati dengan cuaca, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Saya sudah minta pimpinan ASDP untuk menghentikan pelayaran kapal feri kalau tinggi gelombang hingga dua meter,” katanya kepada wartawan, di ruang kerjanya, Kamis (22/12). (jdz)