2.000 Prajurit TNI Amankan Jokowi di Lembata

by -113 views

KUPANG – Sebanyak 2.000 prajurit TNI siap mengamankan kehadiran Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, di Kabupaten Lembata, NTT. Jokowi akan menghadiri puncak peringatan Hari Nusantara di kabupaten tersebut pada 13 Desember 2016.

Jokowi dipastikan hadir pada hari itu. Dia akan datang menggunakan pesawat kepresidenan dan dikawal personel TNI udara, TNI angkatan darat dan TNI angkatan laut.

“Ya, bapak presiden dipastikan hadir ke Lembata selama satu hari. Dari pagi sampai sore,” ujar Danrem 161 Wira Sakti Kupang, Brigjen TNI Heri Wiranto, di Kupang, Selasa (6/12/2016).

Dia menegaskan, keamanan kepala negara ketika berada di Lembata menjadi prioritas nomor satu, sehingga semua personel dan peralatan yang ada di wilayah Pangdam Udayana disiagakan. Saat ini, pihaknya sudah berkoordinasi dengan angkatan udara dan angkatan laut.

Menurut dia, ribuan personel itu akan ditempatkan di berbagai titik yang menjadi rute perjalanan kepala negara selama menghadiri puncak peringatan Hari Nusantara. Setelah dari Lembata, Jokowi dijadwalkan berkunjung ke Maumere, Kabupaten Sikka.

“Kita sudah siapkan 2.000 personel untuk mengamankan kedatangan bapak Presiden. Pengamanannya inside, artinya kita tempatkan personel di wilayah yang dilewati presiden baik secara terbuka maupun tersembunyi,” tegas Wiranto. (*/lptn6)

Ket Foto : Presiden Joko Widodo dielukan prajurit Kopasus ketika berkunjung ke markas baret merah itu, beberapa waktu lalu.