Tour de Timor Resmi Dilepas dari Kota Atambua

by -152 views

Atambua, mediantt.com – Gubernur NTT, Drs Frans Lebu Raya, yang diwakili oleh Wakil Bupati Belu, JT Ose Luan, resmi membuka dan melepas Tour de Timor, Rabu (30/11). Acara pembukaan dan peluncuran tur dengan jarak tempuh 361 kilometer yang terbagi dalam lima etape ini, dilakukan di Simpang Lima, Kota Atambua, Belu, Nusa Tenggara Timur.

Tak ada kemeriahan saat persiapan hingga pelepasan peserta Tour de Timor. Penonton pun nyaris tidak ada, hanya warga yang melintas di area itu yang sempat melihat berlangsungnya acara itu. “Ini hanya touring jadi seperti ini keadaannya,” kata seorang panitia Tour de Timor kepada mediantt.com.

Gubernur NTT, Drs Frans Lebu Raya, dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Bupati Belu, JT Ose Luan, mengatakan, Tour de Timor Indonesia 2016 memilih daratan Timor karena memiliki obyek dan daya tarik wisata yang beraneka ragam, mulai dari Kabupaten Belu hingga Kota Kupang.

“Melalui Tour de Timor Indonesia 2016, kita dapat mempromosikan dan mengangkap pariwisata NTT ke pentas dunia, mewujudkan daratan Timor sebagai destinasi unggulan di NTT, sekaligus mengajak masyarakat indonesia dan dunia untuk mengunjungi destinasi wisata di NTT melalui Tour de Timor,” tegas Lebu Raya.

Menurut dia, penyelenggaraan Tour de Timor ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat sedaratan Timor, misalnya terpromosinya potensi wisata alam dan budaya daratan Timor menjadi lebh tergarap, terekspose dan terkenal. Selain itu, meningkatnya jumlah wisatawan nusantara dan manca negara ke NTT. Juga, mendrong pembangunan infrastruktur dan aksesbilitas di destinasi sedaratan Timor.

“Setiap tahun rute tidak selalu sama, sehingga pembangunan infrastruktur bisa dirasakan rakyat sedaratan Timor, sehingga pendapatan peningkatan sektor pariwisata seperti properti dan perhotelan,serta menciptakan lapanagan kerja di sektor pariwisata dan sektor terkait,” harap Lebu Raya.

Daratan Timor memiliki eneka ragam obyek wisata alam dan budaya. Tapi semua itu masih tersembunyi. Semua memiliki keunikan dan menyimpan keindahan tiada tara.

Ketua Panitia Tour de Timor, Welly Mone menyampaikan ucapan selamat datang kepada para peserta. Ia berharap semua maklum bila ditemukan kekurangan pada ajang ini. Ia bertekad untuk menggelar kembali acara ini tahun depan. “Kita akan gelar lebih baik tahun depan. Sampai jumpa tahun depan,” ujarnya.  (jdz)

Ket Foto : Wakil Bupati Belu, JT Ose Luan, melepas peserta lomba Tour de Timor di Simpang Lima, Kota Atambua, Belu, Rabu (30/11).