Ribuan Masyarakat NTT Ikuti Apel Nusantara Bersatu

by -48 views

KUPANG – Sekitar 15 ribu masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT) memadati alun-alun rumah jabatan Gubernur NTT untuk mengikuti apel Nusantara Bersatu Indonesiaku, Indonesiamu, Indonesia kita Bersama, Bhinneka Tunggal Ika, di Kupang, Rabu (30/11).

Pantauan media, kurang lebih 15 ribu masyarakat NTT yang hadir di alun-alun rumah jabatan gubernur NTT itu menggunakan ikat kepala merah putih serta menggunakan pakaian adat masing-masing.

Apel Nusantara Bersatu yang diselinggi dengan doa bersama tersebut juga dihadiri oleh semua tokoh agama di daerah itu, baik Islam, Protestan, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu.

“Hari ini kita berkumpul di sini untuk mendoakan dan mempersatukan negara ini,” kata Gubernur NTT dalam orasinya di depan ratusan masyarakat NTT.

Ia mengatakan, NTT masuk dalam NKRI, kemerdekaan negara ini juga tidak terlepas dari perjuangan masyarakat NTT.

Menurutnya, masyarakat NTT harus menjaga Pancasila yang mempersatukan bangsa dan negara Indonesia ini.

“Karena NTT menjadi provinsi lahirnya Ideologi Pancasila itu, ketika Bung Karno diasingkan di Ende, pulau Flores,” ujarnya.

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Kyai Haji Ahmad Hasyim Muzadi yang juga hadir dalam apel Nusantara Bersatu itu, dalam orasinya mengatakan, lahirnya negara ini bukan atas perjuangan satu agama saja, tetapi juga seluruh agama di Republik Indonesia.

“Mari kita jaga bersama negara ini, melalui NTT mari jaga bangsa dan negara ini agar tetap bersatu. (ant)

Ket Foto : Gubernur dan tokoh agama dan warga NTT foto bersama usai Apel Nusantara Bersatu dan doa bersama di alun-alun Rujab Gubernur NTT, Rabu (30/11).