POT Deklarasi Dukungan Politik Untuk FirManmu

by -147 views

Kupang, mediantt.com – Persehatian Orang Timor (POT) akhirnya memberikan dukungan politik secara resmi kepada pasangan calon walikota-wakil walikota, Jefri Riwu Kore-Herman Man. Dukungan ini dilakukan dalam deklarasi bersama seluruh anggota POT di Kupang, Rabu (23/11), setelah dilakukan ritual adat.

Seperti disaksikan media, ritual adat itu ditandai dengan penyembelian sapi sebagai tanda menarik dukungan dari Paket Salam (Jonas Salean-Herman Man) pada Pilkada Kota Kupang tahun 2012 silam.

Ritual adat itu dipimpin langsung Ketua POT Jonathan Nubatonis, sekaligus didaulat menyembeli seekor sapi, yang kemudian diikuti dengan memecahkan botol berisi sopi.

Usai menyembeli sapi, Jonathan Nubatonis didampingi Dewan Penasehat POT Esthon Foenay dan beberapa raja Timor melanjutkan menyembeli seekor sapi lagi untuk ritual adat yang sama sebagai bentuk dukungan kepada pasangan Jefri-Herman yang bersandi politik FirManmu.

“Saya perlu melakukan ritual adat ini sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada leluhur, karena pada Pilkada Kota Kupang tahun 2012 lalu, POT menyembeli sapi untuk mendukung paket Salam (Jonas-Herman). Dalam ritual adat ini, arwah, alam dan Allah atau 3A selalu kita teguhkan dalam POT,” kata Nubatonis.

Usai ritual adat itu, Nubatonis yang juga mantan anggota DPD RI ini mengatakan, sebelum POT menjatuhkan dukungan politik kepada pasangan calon FirManmu, POT mendahului dengan menggelar rapat bersama, dan sesuai hasil rapat pada Oktober lalu, secara aklamasi seluruh pengurus POT sekitar seratus orang memutuskan mendukung FirManmu dalam Pilkada Kota Kupang, Februari 2017 nanti.

“Saya didatangi Jonas Salean sebanyak 2 kali, sedangkan Jefri Riwu Kore dan Herman Man 3 kali, tapi semua keputusan sesuai hasil rapat pengurus POT,” katanya.

Ia juga mengingatkan, secara hukum adat orang Timor, bila orang Timor tidak patuh/taat kepada hukum adat, maka konsekuensinya mendapat dua sanksi berat. “Pertama hidup merana sampai ke anak cucu, dan yang kedua yang paling dahsyat mati cepat,” tutur Nubatonis.

Jefri Riwu Kore dalam sambutannya mengatakan, ia bersama Herman Man sangat bangga dengan deklarasi dukungan POT terhadap FirmanMu. Dengan dukungan ini,  FirManmu mempunyai tanggungjawab yang sangat luar biasa untuk seluruh masyarakat Timor dan peguyuban-peguyuban dari daerah lain yang ada di Kota Kupang.

“Saya tidak sendiri, karena yang hadir pada acara ini memberikan dukungan yang luar biasa untuk membawa Kota Kupang yang lebih baik,” kata Jefri, yang juga Ketua DPD Partai Demokrat NTT ini. (*/jdz)

Ket Foto; Tokoh-tokoh dan sesepuh POT sedang bersiap-siap menggelar ritual adat dukungan kepada pasangan calon FirManmu.