NasDem Siapkan Kader Hebat Untuk Cagub NTT 2018

by -36 views

Kupang, mediantt.com – Partai Nasional Demokrat (NasDem) NTT terus berbenah termasuk melakukan konsolidasi internal menuju hajatan politik lima tahunan, Pilgub NTT tahun 2018. NasDem dengan semangat restorasinya sedang menyiapkan kader politik yang hebat dan terbaik untuk menjadi calon gubernur (Cagub) NTT 2018. Ada dua nama yang sedang ditugaskan melakukan sosialisasi diri, yakni Sekretaris Wilayah NasDem NTT, Alexander Take Ofong yang juga Wakil Ketua DPRD NTT, dan Bupati Sabu Raijua, Ir Marthen Luther Dira Tome, yang juga Ketua DPD NasDem Sabu Raijua.

“Saat ini NasDem sedang memperhatikan kader-kader politik, putra-putri terbaik NTT yang sedang melakukan sosialisasi diri menjadi cagub NTT. NasDem akan memfasilitasi semua putra-putri terbaik untuk maju dan menyampaikan ide atau gagasannya kepada publik,” kata Korwil NasDem Bali-Nusra, Johnny G. Plate ketika menggelar konferensi pers usai Rakorwil NasDem NTT, Senin (7/11).

Anggota DPR RI ini mengatakan, dari internal NasDem saat ini, mencuat dua nama yang sedang menjadi perbincangan hangat yakni Aleksander Take Ofong, Wakil Ketua DPRD NTT, yang juga Sekretaris DPW NasDem NTT dan Marthen Dira Tome, Bupati Sabu Raijua.

Mednurut dia, ada tiga criteria yang menjadi prinsip politik NasDem dalam mempersiapkan cagub NTT yakni, kompetensi, integritas dan penguasaan wilayah, termasuk di dalamnya pengalaman dan elektabilitas dari kader yang bersangkutan menuju Pilgub NTT 2018.

“Artinya, NasDem akan melakukan survey elektabilitas. Tentu secara internal kami mempersiapkan kader-kader yang berada di  titik menuju matahari cerah, untuk berhadapan dengan matahari yang hampir terbenam. Jadi, kami mempersiapkan calon-calon yang menuju ke kulminasi politik,” jelas Johnny Plate.

Ia juga menyebutkan, saat ini kader-kader NasDem banyak yang menjadi pimpinan DPRD, baik di tingkat kabupaten maupun provinsi dan mereka semuanya layak untuk menjadi pemimpin di NTT. “Tapi, hanya satu paket yang akan NasDem usung. Kami mencari primus inter pares; mencari yang terbaik dari yang hebat-hebat. Kami berusaha jangan sampai disudutkan karena mendapatkan minus malum, karena itu dari sekarang kami bekerja,” sebut Johnny.

Satukan Tekad

Sementara itu, dalam Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) di Sekretariat DPW NasDem NTT, Senin (7/11), NasDem memantapkan langkah-langkah persiapan menghadapi pemilu legislative dan pilpres 2019.

Konsolidasi sehari penuh itu dihadiri fungsionaris Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem, Viktor Laiskodat, Effendi Choiri, dan Korwil NasDem Bali-Nusra, Johnny G. Plate. Sementara dari jajaran petinggi DPW NasDem NTT tampak Ketua DPW NasDem NTT, Jacky Uly, Sekretaris DPW Alexander Ofong, Wakil Ketua Bapilu Alexander Ena dan sejumlah nama lain yang duduk dalam struktur NasDem NTT.

Rakorwil yang bertema “Menyatukan Tekad Mewujudkan Kemenangan Pemilu 2019” ini dikuti oleh ketua dan sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) 22 kabupaten/kota se-NTT dan seluruh pimpinan dan anggota fraksi NasDem dari DPRD NTT dan DPRD kabupaten/kota.

Johnny Plate mengatakan, pada pemilu 2019 , NasDem menargetkan hasil yang lebih baik dari pencapaian pada pileg 2014, dimulai dengan persiapan yang matang semua prasyarat menghadapi verifikasi parpol oleh KPU.

Pada Pileg 2014 lalu, Partai NasDem berhasil memperoleh 2 kursi DPR-RI masing-masing dari 2 dapil NTT, 8 kursi DPRD NTT, dan 76 kursi DPRD kabupaten/kota yang tersebar di seluruh NTT.

“Rakorwil ke empat ini diadakan untuk memastikan persiapan menghadapi verifikasi faktual, pilkada-pilkada yang akan datang, juga termasuk kesiapan menghadapi pileg dan pilpres tahun 2019,” jelas Johnny Plate.

Dalam waktu yang tidak lama pula, lanjut Johnny, NasDem akan melakukan rekrutmen saksi-saksi TPS yang dipersiapkan secara baik dalam rangka menghadapi 14 pilkada di NTT yakni 3 pilkada ditahun 2017 dan 11 pilkada pada 2018. Demikianpun dalam menghadapi hajatan politik nasional pileg dan Pilpres 2019.

“NasDem di seluruh kabupaten telah diperkuat pula beberapa pejabat eksekutif daerah seperti bupati, wakil bupati dan lainnya demi melakukan kerja-kerja partai yang telah digariskan termasuk persiapan verifikasi parpol dan hajatan politik lainnya,” kata Johnny.

Sekretaris DPW NasDem NTT, Alexander Ofong mengatakan, dengan kerja-kerja politik seperti pembentukan struktur kepengurusan partai hingga ketingakatan DPRt (ranting) di desa/kelurahan dan soliditas partai yang ada, maka Partai NasDem NTT optimis akan meraih hasil gemilang pada Pilkada 2017-2018, Pileg, dan Pilpres 2019.

“Sudah kurang lebih 3200 desa dan kelurahan yang struktur kepengurusan rantingnya sudah terkonsolidasi sehingga kami optimis menang disetiap hajatan politik yang mendatang,” kata Alex.

Selain itu, menjemput Ulang Tahun Partai NasDem ke-5 pada 11 November 2016, NasDem juga akan menggelar seminar nasional bertajuk “Strategi Perekonomian NTT” di Kupang, menghadirkan sejumlah pembicara dan ekonom, termasuk Gubernur NTT untuk meneropong lebih dekat dan jernih perekonomian NTT. (men/jdz)

Ket Foto : Ketua DPP Partai NasDem, Viktor Laiskodat sedang memberikan pengarahan kepada peserta Rakorwil NasDem NTT, Senin (7/11).