Rotary Club Fokuskan Aksi Nyata di Kota Kupang dan Maumerea

by -37 views

KUPANG – Rotary Club sebagai wadah sosial kemasyarakatan dengan layanan internasional, bertanggung jawab dan berkomitmen pada program pelayanan sosial. Untuk saat ini, Rotary Club fokuskan aksi nyata di Kota Kupang dan Kota Maumere, Sikka. Apa saja yang dilakukan?

Dalam press release yang diterima Redaksi mediantt.com, Sabtu (5/11), Rotary Club bergerak dalam spirit Rotary Goes to NTT, dengan tema “Pengembangan Keterampilan Pengelolaan Limbah Rumah Tangga, Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Kecantikan Kulit”.

“Rotary club adalah organisasi sosial kemasyarakatan dengan layanan internasional. bertanggung jawab dan berkomitmen dalam program pelayanan sosial dengan fokus kegiatan pada 6 area fokus,” demikan siaran pers itu.

Untuk Indonesia terbagi atas dua wilayah pelayanan yang dikenal dengan nama distrik, yakni Distrik 3410 untuk Indonesia bagian Barat dan Distrik 3420 untuk Indonesia bagian Timur. Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur merupakan wilayah/distrik layanan 3420, tetapi kegiatan Rotary Club tidak dibatasi oleh layanan wilayah administrasi.

Kegiatan prioritas Rotary, atau sering disebut 6 Area fokus itu, adalah pertama, Peace and conflict prevention/resolution (perdamaian dan penyelesaian konflik). Kedua, Disease prevention and treatment (pencegahan penyakit) contoh: polio plus.

Ketiga, water and sanitation (air dan sanitasi) contoh : penyediaan air bersih dan pengelolaan limbah. Kempat, Maternal and child health (kesehatan ibu dan anak) contoh : penyiapan kesehatan ibu dan anak-anak, kesehatan wanita, gizi ibu hamil dan anak-anak.

Kelima, Basic education and literacy (pendidikan dasar) contoh : penyiapan pendidikan dan prasarana dasar pendidikan, perpustakaan dan pendukungnya. Dan kelima,  Economic  and community development (pengembangan ekonomi dan masyarakat)  contoh : kesejahteraan rumahtangga, pelatihan untuk keterampilan ibu-ibu,

Dijelaskan, kegiatan ini diselenggarakan oleh Rotary Distrik 3410 dan Distrik 3420.

Saat ini Rotary fokus untuk dua kota yaitu Kota Kupang di Pulau Timor dan Kota Maumere di Pulau Flores, Rotary bekerjasama dengan Jemaat Bait El Penfui di Kota Kupang dan Sekolah berkebutuhan Khusus (ABK) Karya Ilahi Waioti di Kota Maumere.

Kegiatan dilakukan pada dua kota untuk Kota Kupang telah diselenggarakan tanggal 15-16 oktober 2016 dan untuk kota Maumere diselenggarakan pada tanggal 19-20 oktober 2016, dengan narasumber; Ibu Endang Paminto membedah soal Keterampilan Pengelolahan Limbah Rumah Tangga, Drg. Ratih Nur Dwi Apriani mengulas tentang penyuluhan kesehatan gigi, dan Dr. Diah Puspitosari SpKK berbicara tentang Penyuluhan Kesehatan Wanita, Kesehatan Kulit dan Beauty Class.

Kegiatan di Kota Kupang dibuka oleh Pendeta Gereja Bait, El Ibu Silvia Foeh Rosed,SSi. dan  Maumere dibuka oleh Eduard Emilson sebagai pengelola sekolah Karya Ilahi.

Kegiatan ini dimotori generasi muda Roytary yaitu Rotaract Kupang Timor Raya, didukung oleh Klinik Kulit Amara Sahya Bandung dengan media partner, mediantt.com, Timor Express dan Victory News. (rony banase)

Ket Foto : Anggota Rotary Club pose bersama usai kegiatan.