Bupati TTU Cek Kesiapan Pembangunan Patung Kristus Raja

by -30 views

Kefamenanu, mediantt.com – Bupati TTU, Raymundus Fernande, S.Pt, punya program besar yang bakal menyedot wisatawan dunia; membangun Taman Doa yang dilengkapi Patung Kristus Raja setinggi 58 meter. Patung ini bakal tertinggi di dunia, mengalahkan Rio de Jeniro di Brasil itu berada persis di Kaki Bukit Neobat, Kelurahan Maubeli, Kecamatan Kota Kefamenanu, TTU. Rencananya, Taman Doa dan Patung Kristus Raja itu dibangun tahun 2017.

Karena itu, Senin (24/10), Bupati Ray meninjau langsung kesiapan di lapangan bersama tim Perencana dan Desain. “Sesuai rencana, tanggal 31 Oktober 2016, Tim Perencana akan memaparkan awal desian Taman Doa dan rancangan Patung Kristus Raja,” kata Bupati Ray kepada wartawan.

Bupati juga meminta masyarakat di sekitar lokasi pembangunan Taman Doa dan Patung Kristus Raja untuk tidak boleh menjual tanah di wilayah itu. Sebab, bila tahun 2017 sarana dan prasarana perlengkapan seperti jalan, tempat parkir, gardu listrik, dll, dibangun, maka nilai ekonomis tanah akan semakin meningkat dari harga saat ini. “Jadi jangan jual sembarangan tanah di sekitar Bukit Neobat,” kata Ray, mengingatkan.

Untuk diketahui,  sebagai daerah perbatasan yang menghubungkan Indonesia dengan negara Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) di Enclave Oekusi, Pemerintah Kabupaten TTU akan menarik minat wisatawan dengan membangun Taman Doa dan Patung Kristus Raja tertinggi di dunia. Potensi wisata rohani ini diyakini bakan menyedot perhatian dunia wisata religi.

Selain terus mendapat kunjungan wisata ke dua destinasi wisata di Gua Maria Bitauni dan Kote-Noemuti sebagai lokus penyelenggaraan Paskah Tradisional, Pemkab TTU juga akan menambah satu destinasi wisata rohani di Kota Kefamenanu.

Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandez mengatakan, “Kami akan membangun Patung Kristus Raja tertinggi di dunia dengan ukuran setinggi 58 meter di Bukit Neonbat, Kompleks RSPD Kefamenanu. Tahun ini sedang dalam perencanaan dan pembangunan patung dimulai tahun 2017 dengan sistem multy years,” kata Raymundus kepada wartawan di Kefamenanu, awal agustus 2016 lalu.

Ia menjelaskan, konsep dasarnya adalah berupa Taman Doa yang di dalamnya dibangun Patung Kristus Raja setinggi 58 meter sesuai dengan tahun kelalahiran Kabupaten TTU.

Menurut dia, selain berbentuk taman doa, dari aspek teknis kawasan rohani ini juga akan didesain dengan gambar budaya yang melekat pada tiga Swapraja Utama di TTU yaitu Biboki, Insana, dan Miomaffo yang menjadi kekuatan besar lahirnya Kabupaten TTU.

“Bukit Neonbat setinggi 200 meter itu akan ditata menjadi kawasan doa dan jalan salib dengan penataan areal taman yang asri dan nyaman serta indah dari aspek estetika. Diatas puncak bukit itulah akan ditahtakan Patung Kristus Raja setinggi 58 meter,” jelas Ketua DPC PDI-P TTU ini.

Ia juga mengatakan, patung yang akan dibangun tersebut akan menjadi tertinggi di dunia dan diproyeksi menjadi kawasan wisata religi primadona di Kabupaten TTU, Nusa Tenggara Timur.

“Karena Patung Kristus Raja yang ada di Dili, Timor Leste setinggi 38 meter, di Brazil 48 meter dan di Toraja setinggi 52 meter. Sehingga jika patung di TTU ini selesai dibangun maka akan menjadi yang tertinggi di dunia,” katanya. (jdz)

Ket Foto : Bupati TTU, Ray Fernandez, bersama sejumlah pimpinan SKPD meninjau lokasi pembangunan Taman Doa dan Patung Kristus Raja di Kaki Bukit Neobat, Senin (24/10).