Pendidikan Katolik Berbasis Spiritualitas dan Berkarakter Evangelisasi

by -35 views

Kupang, mediantt.com –  Majelis Pendidikan Katholik (MPK) Keuskupan Agung Kupang, yang membawahi seluruh sekolah katholik, merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-41. Berbagai acara dihelat untuk memeriahkan HUT tersebut, salah satunya adalah jalan santai bersama, pada Sabtu (22/10).

Disaksikan mediantt.com, jalan santai itu dimulai pukul 06.30 Wita, dengan titik star dari pelataran Gereja Paroki Santa Maria Asumpta, Kota Baru Kupang, melintasi jarak kurang lebih 2 km, hingga berakhir di Seminari Menengah Santo Rafael, Oepoi, dalam kompleks istana Keuskupan Agung Kupang. Semua perwakilan sekolah katholik hadir dengan seragam sekolah masing-masing. Ada drum banda, ada tarian dan atraksi lain sepanjang perjalanan.

Sekjen Keuskupan Agung Kupang, Romo Gerardus Duka, Pr, dalam sambutannya, mewakili Uskup Agung Mgr Petrus Turang, mengatakan, kegiatan yang dilakukan ini merupakan bentuk spiritualitas pendidikan katholik. “Dalam pendidikan katholik, yang dibutuhkan bukan goal (tujuan) tapi bagaimana membangun dan menumbuhkan spiritualitas pendidikan yang bersifat katholik, dan berkarakter evangelisasi atau semangat pewartaan,” tegas Romo Gerardus Duka.

Menurut dia, pendidikan katholik adalah sebuah budaya yang sudah sangat kuat seiring perjalanan waktu selama 41 tahun, yang sudah bertumbuh dan berkembang dalam dinamika pendidikan secara nasional. Karena itu, perlu dipertahankan dan terus ditingkatkan dari waktu ke waktu.

“Dengan semangat persatuan dan persaudaraan, atas nama Uskup Agung Kupang saya menyampaikan proficiat dan selamat ulang tahun ke-41 kepada Majelis Pendidikan Katholik (MPK). Semoga spirit ini tetap dipertahankan dan dijalankan dalam satu kesatuan pendidikan katholik,” imbuh Romo Vikjen.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang, Samuel, dalam sambutannya berharap, MPK yang menaungi seluruh sekolah katholik di Kota Kupang, semakin menunjukkan jati diri sebagai sekolah yang punya ciri khas tersendiri, termasuk output yang berkualitas.

“Pemerntah Kota Kupang berharap MPK terus memberikan yang terbaik dalam mencerdaskan anak-anak bangsa yang mengenyam pendidikan di sekolah katholik dalam wilayah Kota Kupang,” katanya.

Ketua Panitia HUT MPK, Romo Yonas Kamlasi, ketika dikonfirmasi mengatakan, setelah jalan santai bersama yang melibatkan seluruh sekolah katolik yang ada di Kota Kupang, agenda selanjutnya adalah rekoleksi bersama yang akan digelar di Aula Paroki Asumpta, pada tanggal 28 Oktober.

”Seluruh rangkaian acara ini akan ditutup dengan ziarah bersama ke Taman Ziarah Oebelo, yang diakhiri dengan perayaan misa syukur bersama pada 29 Oktober 2016. Misa syukur itu akan dipimpin oleh Yang Mulia Uskup Agung Kupang, Mgr Petrus Turang, Pr,” kata Romo Yonas. (jdz)

Ket Foto : Peserta Jalan Santai dari SDK Santa Maria Asumpta, Kota Baru Kupang, yang tampil dengan atraksi drum band-nya.