Basarnas Selamatkan 142 Penumpang Kapal Tenggelam di Labuan Bajo

by -220 views

Kupang– Tim gabungan Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas) Kupang berhasil menyelamatkan 142 penumpang KM Dharma Kencana VII yang tenggelam Jumat (14/10) malam di perairan Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kepala SAR Kupang, I Ketut Gede Ardana mengatakan saat ini tugas Basarnas telah selesai karena sudah berhasil menyelamatkan 142 penumpang dan 36 Anak Buah Kapal (ABK). “Tugas Basarnas sudah berhasil mengevakuasi seluruh penumpang dalam keadaan selamat, operasi SAR dinyatakan selesai. Jadi totalnya 178 orang yang berhasil diselamatkan,” katanya kepada Antara ketika dihubungi dari Kupang, Minggu malam (16/10).

Hal ini disampaikan berkaitan insiden kapal penyeberangan rute Maumere-Labuan Bajo-Surabaya yang tenggelam saat menabrak batu karang ketika hendak berlayar menuju Surabaya pada Jumat malam. Selain membawa 142 penumpang yang berhasil diselamatkan, kapal juga membawa 40 kendaraan, terdiri dari 30 truk besar, enam mobil dan empat sepeda motor yang semuanya tenggelam bersama Kapal Motor Dharma Kencana.

Sejumlah penumpang, lanjut Ardana, saat ini masih dirawat di rumah sakit terdekat, sebelum dipulangkan ke rumahnya masing-masing.

Sementara Kepala Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Kupang, Arnoldus mengatakan, hingga kini kapal tersebut masih berada di dasar laut bersama dengan sejumlah kendaraan yang diangkut. “Kapalnya saat ini masih berada di dasar laut, dan belum tahu kapan akan ditarik keluar, sebab masih menunggu informasi selanjutnya,” ujarnya.

Arnoldus mengatakan, dirinya belum mengetahui kapan kapal tersebut akan diangkat dari dasar laut. “Saya belum tahu akan diangkat atau tetap dibiarkan di dasar laut. Tetapi kapal itu diasuransikan jadi selanjutnya urusan asuransi,” tambahnya.

Ia berterimakasih kepada SAR serta sejumlah pihak yang telah membantu menyelamatkan para penumpang yang berada di atas kapal tersebut. (sp/jk)

Foto : Kapal Roro Dharma Kencana VII yang karam di Lepas Pantai Labuan Bajo.