Taruna Mesti Memotivasi Pemuda NTT Masuk Akademi Kelautan

by -67 views

Kupang, mediantt.com – Wakil Gubernur NTT, Benny Litelnoni, mengatakan, kehadiran taruna/i mestinya mampu memotivasi pemuda dan pemudi NTT agar berminat untuk bergabung dengan Akademi Kelautan (AL). Tidak hanya itu, taruna/i juga dapat mempromosikan potensi lokal di NTT, baik pariwisata, budaya maupun tradisinya.

“Perlu motivasi terus-menerus untuk menumbuhkan minat pemuda-pemudi untuk masuk di AL, meskipun masih ada kendala baik dari segi intelektual maupun segi kesehatan. Hal ini mestinya menjadi cambuk untuk belajar, tidak boleh berputus asa,” tegas Wagub Litelnoni ketika menyambut kedatangan rombongan Lattek Kartika Jala Krida International Naval Rewiew New Zealand  2016, di ruang rapat Wakil Gubernur, Jumad (14/10).

Saat itu, Wagub juga memperkenalkan bahwa, NTT memiliki 1.192 pulau. Tapi hanya sekitar 50-an pulau yang sudah berpenghuni dan diberi nama. “Pada bulan Mei lalu, Gubernur NTT bersama Forkompinda meresmikan penamaan 10 pulau terluar di NTT. Pulau-pulau tanpa nama masih menjadi bagian utuh NKRI, kecuali pulau Batek yang diklaim oleh Negara Timor Leste.

“Saya mengapresiasi TNI, khususnya  AL, yang tetap setia menjaga pulau tersebut,” ujar Benny Litelnoni, dan mengajak semua komponen masyarakat terus memberikan dukungan kepada TNI dalam menjaga keamanan dan keutuhan NKRI.

Wakil Gubernur meminta instansi terkait khususnya Dinas Pariwisata Provinsi NTT agar berkordinasi dengan TNI AL dalam mempromosikan NTT di luar negeri.

Komandan Kapal Republik Indonesia (KRI) Banda Aceh, Letkol Laut, Budi Santosa, menjelaskan, tujuan kedatangan rombongan Lattek Kartika Jala Krida International Naval Rewiew  New Zealand  2016 adalah untuk mempromosikan Taruna AL.

”Kupang adalah persinggahan terakhir setelah dari Jakarta dan Surabaya. Pada senin (17/10) rombongan akan menuju ke Sidney, Australia dan Auckland, New Zealand. Rombongan akan memperkenalkan Indonesia khususnya NTT agar semakin banyak wisatawan asing yang berkunjung ke daerah ini,” kata Budi Santoso.

Sementara itu, Komandan Satuan Tugas (Dansatgas), Kolonel Laut Arief Budiman menjelaskan, 259 personil AL akan diberangkatkan ke luar negeri. Ada 103 Taruna, 11 di antaranya adalah Taruni. Dalam tiga hari ke depan, rombongan taruna/i akan mengunjungi beberapa sekolah di Kota Kupang untuk mempromosikan Akademi Kelautan.

“Kami berharap agar banyak anak NTT tertarik masuk di Akademi Kelautan. Bergabunglah dengan Angkatan Laut, maka kamu akan mengelilingi dunia,” pungkas Arief, berporomosi.

Dari sekitar 30 peserta yang hadir dalam pertemuan itu, Dansatgas Kolonel Laut (P) Arif Budiman, Dan KRI (P)  Letkol Budi Santosa S.E, Dan Lantamal VII Kupang, Kolonel Laut (P) Bambang T, Mayor Laut (P) D.E Ardianto, lima  orang Taruna dan satu Taruni AL yang mewakili 103 Taruna/i, Kepala Biro Humas Setda NTT, Drs. Semuel Pakereng. (hms/jdz)

Ket Foto : Wakil Gubernur NTT, Drs Benny Alexander Litelnoni saat menerima rombongan Angkatan Laut bertempat di Ruang Kerja , Jumad,(14/10).