BMKG Ingatkan Waspadai Cuaca Ekstrim di NTT

by -23 views

KUPANG – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas II Eltari Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), mengeluarkan peringatan cuaca ekstrem yang mengancam sepuluh kabupaten/kota di daerah itu.

“Waspadai angin kencang yang melanda Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Sabu, dan Rote Ndao,” kata Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Kelas II Kupang Bambang Setiajid, kemarin.

Menurut dia, keadaan cuaca umumnya berawan dan berpeluang hujan dengan intensitas ringan di Labuan Bajo, Ruteng, dan Tambolaka. Arah angin umumnya dari timur laut-tenggara dengan kecepatan 10-25 kilometer per jam.

Ia menjelaskan, kencangnya kecepatan angin yang melanda wilayah Nusa Tenggara Timur itu menyebabkan gelombang setinggi 3,5 meter. Gelombang tinggi terjadi di Selat Sape; perairan selat Kupang; Pulau Rote; Laut Timor selatan Nusa Tenggara Timur; Selat Sumba; Laut Sawu; perairan selatan Pulau Sumba; dan Samudra Indonesia bagian selatan Nusa Tenggara Timur. “Peringatan cuaca ekstrem ini terhitung mulai 10-12 Oktober 2016,” kata Bambang.

Angin kencang beberapa hari terakhir melanda wilayah Kota Kupang, tapi hingga kini belum ada bencana akibat terjangan angin kencang tersebut. (teco/jk)

Foto : Ilustrasi