Haji dan Haja Harus Jadi Teladan Persaudaraan dan Toleransi di TTU

by -22 views

Kefemenanu, mediantt.com – Wakil Bupati Timor Tengah Utara (TTU), Aloysius Kobes, S.Sos, mengatakan, ketaatan menjalankan ritual atau ibadah dan ajaran keagamaan, sejatinya tidak dapat dipisahkan dari kewajjiban menjalankan misi sosial kemanusiaan.

“Karena itu, kemabruran haji bukan saja diukur dari sejauh mana kita saleh secara individu, tetapi juga saleh secara sosial. Haji dan Hajah yang baru selesai menjalankan ibadah haji, hendaknya menjadi pelopor dan teladan dalam mewujudkan persaudaraan, serta toleransi inter dan antar umat beragama di Kabupaten TTU yang selama ini berjalan cukup baik,” tegas Aloysius Kobes, saat menerima jemaah Haji asal TTU musim haji tahun 1437 H/2016 Masehi di Mesjid Agung Nurul Fallah, Kefamenanu, Senin (10/10).

Acara tersebut jugadihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama TTU, Drs. Yoseph Akoit, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI)  TTU, Drs. H. Mohamad Ali Kossah, Ketua Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama TTU, H. Jumhur Sarbini, S.Pd.I, Pasi. Intel Kodim 1618/TTU, Kapten Inf. Henry Dunan serta Wakil Ketua Pengadilan Agama Kefamenanu.

Ketua Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama TTU, H. Jumhur Sarbini, S.Pd.I, melaporkan, jemaah haji asal Kabupaten TTU berjumlah 10 orang, yang terdiri dari 5 orang laki-laki dan 5 orang perempuan, dimana 9 orang berasal dari Kecamatan Kota Kefamenanu dan 1 orang dari Kecamatan Miomaffo Barat.

Menurut dia, setelah menunaikan Ibdah Haji selama 40 hari di Arab Saudi, semuanya kembali dalam keadaan sehat walafiat. Sebelum kembali ke TTU, kesepuluh jemaah haji beristirahat 2 hari di Embarkasi Surabaya. Selanjutnya Jumhur melaporkan bahwa untuk mengantisipasi kemungkinan terpapar berbagai virus penyakit yang menyebar di Arab Saudi, kesepuluh jemaah haji ini direncanakan akan melakukan pemeriksaan kesehatan tahap akhir di Puskesmas Sasi pada tanggal 26 Oktober 2016.

Wakil Bupati TTU, Aloysius Kobes, juga menuturkan, secara pribadi dan atas nama Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara mengucapkan Salam Sukses dan Selamat Berbahagia kepada ke-10 Jemaah Haji yang telah sukses menunaikan Ibadah Haji pada musim haji tahun ini yang merupakan salah satu rukun Islam. “Kesuksesan dan keselamatan dalam perjalanan rohani  ini  patutlah  disyukuri dan disambut dengan sukacita iman oleh kita semua,  mengingat ke-10  Jemaah Haji kita dapat kembali ke tengah-tengah keluarga  dalam keadaan sehat dan selamat,  sesuai dengan doa dan harapan kita semua ketika  kita melepas-pergikan mereka ke tanah suci pada akhir Agustus  yang lalu,” kata Wabup Alo Kobes.

Acara penerimaan jemaah haji pada kesempatan itu berlangsung sederhana dalam suasana penuh kekeluargaan. Upacara seremonial penerimaan haji ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh Ketua MUI  Kabupaten TTU, dilanjutkan dengan acara ramah tamah bersama. (hms/jdz)

Ket Foto: Wakil Bupati TTU, Aloysius Kobes, S.Sos, memberikan sambutan pada penerimaan jemaah haji asal TTU Tahun Haji 2016 di Halaman Mesjid Agung Nurul Fallah Kefamenanu, Senin, 10 Oktober 2016.