10 Hari Hilang, 3 ABK Idil Pratama Ditemukan Selamat

by -20 views

KUPANG – Setelah hilang sejak 29 September 2016, tiga anak buah kapal Kapal Motor Idil Pratama ditemukan dalam keadaan selamat.

Kepala Kantor SAR Kupang I Ketut Gede Ardana mengatakan, ketiga ABK bernama Dullah Doni (32), Ansel Kia (47), dan Markus Pati (29) ditemukan pada Sabtu (8/10/2016) sekitar pukul 22.30 Wita.

“Tiga ABK itu berhasil diselamatkan oleh Kapal Layar Motor Pusaka Rahmat yang berlayar dari Sulawesi Selatan menuju Kupang, Nusa Tenggara Timur,” kata Ardana kepada wartawan, Senin (10/10/2016) pagi.

Ketiganya ditemukan terapung di perairan pada koordinat 07 derajat 33 menit 10,85 detik Lintang Selatan dan 122 derajat 2 menit 01.63 detik Bujur Timur.

Ketiganya dibawa ke Pulau Adonara, Kabupaten Flores Timur, NTT, atau sekitar 140 km dari lokasi penemuan. Mereka kemudian bertemu dengan Kapal Motor Idil Pratama yang membawa mereka kembali ke rumah di Kabupaten Lembata, NTT.

Ketiga ABK itu hilang setelah menyelamatkan diri dengan rakit dari bahan gabus setelah KM Idil Pratama mengalami kerusakan mesin dan nyaris tenggelam di Laut Flores dalam pelayaran dari Sinjai, Sulawesi Selatan, menuju Lembata.

Saat ketiganya pergi menyelamatkan diri sekaligus mencari bantuan, kapal terombang-ambing di Laut Flores sehingga posisi kapal semakin tak menentu dan terancam tenggelam.

Tak berselang lama, kondisi cuaca pun mulai membaik sehingga sekitar sejam kemudian, muncul satu kapal nelayan dari arah Sulawesi menuju Pulau Flores.

Tiga nelayan di dalam perahu merapat ke KM Idil Pratama. Mereka membantu memperbaiki mesin kapal yang rusak dan kapal itu akhirnya bisa beroperasi lagi.

Idil Pratama berlayar kembali dengan membawa seorang ABK, juragan, dan nakhoda menuju Lewoleba. Pada Senin (3/10/2016) pukul 04.00 Wita, kapal bersandar di Dermaga Lewoleba. Namun, ketiga ABK itu menghilang. (kompas.com/jk)

Foto : Ilustrasi