Garuda Masuk Maumere, Mekeng Yakin Pariwisata Flores Makin Bergairah

by -50 views

JAKARTA – Anggota DPR RI dari Dapil NTT-1, Melchias Markus Mekeng, yakin denyut pariwisata Flores semakin bergairah setelah maskapai nasional, Garuda Indonesia, membuka rute penerbangan ke Maumere, Kabupaten Sikka.

“Tidak hanya pariwisata di Kabupaten Sikka, denyut pariwisata akan semakin bergairah ke seluruh kabupaten di Pulau Flores, Alor, dan Lembata, apabila pemerintah daerah di semua kabupaten mampu memperkuat strategi interkoneksi pariwisata,” ucap Mekeng yang kini menjabat Ketua Komisi XI DPR RI di Jakarta, Kamis (22/9).

Penerbangan perdana Garuda berlangsung Kamis (22/9) dengan rute Denpasar-Maumere. Total ada  empat slot penerbangan dalam sepekan dengan rute Denpasar-Maumere pp yakni Selasa, Kamis, Jumat, dan Minggu.

Hadir menyambut kedatangan Garuda di Bandara Frans Seda Maumere adalah Bupati Sikka Ansar Rera dan seluruh Muspida Kabupaten Sikka, serta Uskup Maumere Mgr Caerubim Parera yang secara khusus melakukan ritual pemberkatan ke badan pesawat sesuai tradisi Gereja Katolik. Ikut dalam rombongan penerbangan perdana Garuda ke Maumere ini, antara lain Blasius Bapa yang dikenal sebagai tokoh sekaligus sesepuh masyarakat Sikka se-Jabodetabek.

Saat dimintai komentarnya, Blasius Bapa menyatakan bangga karena Maumere akhirnya menjadi satu dari kota-kota tujuan penerbangan Garuda di kawasan timur Indonesia. Dia mengakui,  perlu waktu lama untuk meyakinkan Garuda agar mau membuka rute penerbangan ke Maumere, diantaranya melalui komunikasi politik yang dilakukan Melchias Markus Mekeng, selaku Anggota DPR dari Dapil NTT-1.

“Saya merasa bangga bukan karena Melchias itu putra saya, tetapi karena peran dia sebagai wakil rakyat NTT di pusat,” ujar Blasius Bapa, satu dari sedikit saksi peristiwa Lubang Buaya tahun 1965.

Blasius Bapa mengajak Pemkab Sikka dan DPRD Sikka serta segenap elemen masyarakat Sikka untuk memperkuat sinergi komunikasi dengan para Anggota DPR RI dari Dapil NTT-1. Lebih-lebih lagi, karena ada tiga orang Anggota DPR dari Dapil NTT-1 yang berdarah Sikka yakni Melchias Markus Mekeng, Johny Plate, dan Andreas Hugo Parera.

“Ini kesempatan bagus untuk pemerintah dan masyarakat Sikka mengomunikasikan aspirasi pembangunan ke otoritas pusat,” pungkas Blasius Bapa. (jdz)

Ket Foto : Kru pesawat Garuda bersama Muspida Sikka, Uskup Maumere, dan sesepuh masyarakat Sikka berpose sesaat setelah Garuda mendarat perdana di Bandara Frans Seda Maumere, Kamis (22/9) pagi.