Ingat! Musrembang Harus Sinkron Dengan Aspirasi Rakyat

by -44 views

Jakarta, mediantt.com – Ketua Komisi XI DPR RI, Melchias Markus Mekeng mengingatkan pemerintah agar hasil-hasil Musrembang yang diadakan secara bertingkat, mulai dari kabupaten/kota, provinsi, dan pusat, sungguh-sungguh memperhatikan aspirasi rakyat. Sebab, anggota DPR sering menemukan fakta bahwa aspirasi rakyat di daerah tidak sinkron dengan rumusan hasil Musrembang.

“Seringkali kami temukan fakta ada kesenjangan bahkan ketidakcocokan antara aspirasi rakyat di daerah dengan hasil-hasil Musrembang yang dilakukan pemerintah. Berton-ton proposal menumpuk di Sekretariat Jenderal DPR dan hanya tercatat secara administratif, mengingat DPR tidak memiliki jalur untuk merealisasikan aspirasi rakyat tersebut,” tegas Mekeng, di Jakarta, Kamis (15/9).

Politisi Golkar asal Daerah Pemilihan NTT-1 ini mengatakan, setiap kali reses di Dapil, Anggota DPR selalu membawa pula bertumpuk-tumpuk proposal dari masyarakat yang meminta perhatian mengenai kebutuhan infrastruktur dasar yakni air bersih, listrik, dan jalan.

Menurut Mekeng, kondisi jomplangnya aspirasi rakyat dengan hasil Musrembang berakibat pada inefisiensi anggaran pembangunan, bahkan terkadang fisik proyek pembangunan mubazir karena tidak sesuai dengan kebutuhan riil masyarakat di daerah.

Itulah sebabnya, sebut Mekeng, DPR memandang perlu melakukan sinkronisasi dengan pemerintah dengan memanfaatkan forum Musrembang, sehingga aspirasi rakyat dapat direspon secara tepat oleh pemerintah.

Mekeng yang pernah menjadi Ketua Badan Anggaran DPR (periode 2010-2012) ini menegaskan, dalam rapat kerja dengan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro awal pekan ini, Pemerintah telah mengonfirmasikan perlunya keikutsertaan Anggota DPR sebagai Narasumber dalam forum Musrembang di tingkat provinsi, dalam rangka sinkronisasi program pembangunan yang disusun pemerintah daerah dengan aspirasi masyarakat yang diserap oleh Anggota DPR di daerah pemilihannya.

“Intinya, DPR ingin agar anggaran negara yang digunakan pemerintah benar-benar selaras dengan kebutuhan riil masyarakat di daerah-daerah, khususnya di wilayah kawasan timur seperti NTT, Maluku, atau Papua,” tegas Mekeng. (*/jdz)

Foto : Ketua Komisi XI DPR RI, Melchias Markus Mekeng