PKB Isyaratkan Ada Poros Baru Pilkada Kota Kupang

by -55 views

Kupang, mediantt.com – Peta politik di Kota Kupang menuju Pilkada serentak 2017 bakal mengalami perubahan kontestasi. Sebab. Selain dua pasangan calon yang sudah mendeklarasikan diri, Jonas Salean-Niko Frans, dan Jefri Riwu Kore-Herman Man, namun akan muncul Poros Baru yang bakal menjadi ancaman serius, sekaligus kuda hitam. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sudah mengisyaratkan aka nada Poros Baru tersebut. Dan, yang berpeluang dicalonkan oleh Poros Baru itu adalah Srikandi Yovita Mitak yang bertandem dengan Mel Ataupah.

Informasi akurat yang diperoleh Selasa (13/9) menyebutkan, pasangan ini lebih berpeluang menjadi pasangan calon walikota dan wakil walikota yang diusung PKB dan Partai Gerindra. Karena itu, ada prediksi jika pasangan ini ditetapkan PKB dan Gerinda, maka dipastikan peta politik akan berubah, dan kecenderungan rakyat akan melirik pasangan dari Poros Baru tersebut. Apalgi, Mitak adalah srikandi satu-satunya yang bertarung di Pilkada Kota Kupang.

Ketua DPW PKB NTT, Yucun Lepa, kepada dikonfirmasi wartawan di DPRD NTT, Selasa (13/9) menegaskan, peluang itu ada, tapi semua sedang berproses. “Saya tidak ingin memberikan komentar mendahului keputusan DPP, baik itu PKB maupun Gerindra. Saya belum pegang SK, jika memang sudah ada SK penetapan calon dari DPP, saya akan kumpulkan teman-teman wartawan untuk menyampaikan hal itu,” tegasnya.

Meski demikian, Yucun tidak menampik informasi yang berkembang bahwa kemungkinan besar pasangan Yovita Mitak-Mel Ataupah akan keluar dari paket poros baru koalisi PKB dan Gerindra.

“Saya berkeyakinan  aka nada Poros Baru yang merupakan koalisi antara Partai Kebangkitan Bangsa dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra),” kata Ketua Fraksi PKB DPRD NTT ini.

Kata dia, sudah ada lima figur calon walikita yang mengikuti fit and proper test di DPP PKB beberapa waktu lalu, yakni Yovita Mitak, Viktor Lerik, Hendrik Benu, Jefri Riwu Kore dan Jonas Salean.

Ditanya siapa yang paling berpeluang diusung poros baru koalisi PKB dan Gerindra, Yukun menyatakan, semuanya masih berproses. “Semuanya masih berproses di DPP. Tapi saya benar-benar berkeyakinan akaa da poros baru yang terbentuk,” kataya.

Secara terpisah, Viktor Lerik, salah satu bakal calon walikota yang ikut mendaftar di Gerindra dan PKB menuturkan, akan mengikuti keputusan DPP. “Saya siap ikuti keputusan DPP. Kalau saya dipercayakan tentu sebagai kader Gerindra saya harus siap amankan keputusan itu, tetapi kalau bukan saya, saya sudah sangat siap untuk bekerja memenangkan paket koalisi poros baru itu,” tegasnya.

Sekadar tahu, hinggs kini sudah ada dua paket yang siap bertarung, Jonas Salean-Nikolaus Fransiskus, yang diusung kolaisi Partai Golkar, PDIP, Nasdem, Hanura dan PKPI. Sementara paket kedua Jefri Riwu Kore-Hemanus Man, diusung kolaisi Partai Demokrat dan PAN. (jdz)

Foto : Bakal calon Walikota Kupang, Yovita Mitak.