DPR Setuju Budi Gunawan jadi Kepala BIN

by -20 views

DPR mengesahkan pencalonan Komjen Budi Gunawan sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) dalam sidang paripurna. Persetujuan merupakan tindak lanjut hasil uji kelayakan dan kepatutan di Komisi I, Rabu (7/9).

Dalam laporan di sidang paripurna, Ketua Komisi I Abdul Kharis Almasyhari menyatakan seluruh fraksi sepakat menerima Budi sebagai komandan Lembaga Telik Sandi. Komisi Pertahanan itu satu suara menyetujui usulan Presiden Joko Widodo.

“Rapat internal Komisi I memutuskan dan memberikan pertimbangan bahwa Komjen Budi Gunawan layak dan patut menggantikan Sutiyoso,” kata Kharis dalam sidang paripurna DPR, Kamis (8/9).

Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan selaku pimpinan sidang meminta persetujuan seluruh anggota Dewan yang hadir. Tidak satupun menolak pencalonan Budi.

“Bapak ibu yang saya hormati, apakah laporan hasil uji kelayakan dan kepatuan calon kabin dapat disetujui?” tanya Taufik. “Setuju,” jawab legislator yang hadir.

Secara terpisah, Wakil Ketua Fahri Hamzah memastikan DPR segera mengirim surat persetujuan Budi Gunawan agar segera dilantik menjadi kepala BIN. “Insya Allah sore ini bisa dibuatkan dan bisa dilantik besok oleh Presiden,” ucap Fahri.

Fahri beranggapan, pencalonan Budi mendesak, lantaran surat pertimbangan calon kepala BIN itu disampaikan langsung Mensesneg Pratikno, Jumat (2/9). DPR merasa perlu segera menindaklanjuti pencalonan Budi Gunawan itu. “Makanya prosesnya begitu cepat, dan sudah disahkan di paripurna,” ucap Fahri.

Terima Kasih Sutiyoso

Budi Gunawan pun mengucapkan terima kasih kepada Sutiyoso yang telah membantu dirinya menjadi pimpinan lembaga telik sandi itu.

“Pada kesempatan yang baik ini juga, saya berterima kasih kepada Pak Sutiyoso karena mulai tahap persiapan dan tahap terakhir ini seluruh jajaran BIN ikut membantu,” kata Budi.

Budi yang masih menjabat Wakapolri itu menjelaskan, hal itu membuktikan bahwa BIN solid dan mendukung suksesi pergantian kepemimpinan di lembaga intelijen itu. “Kita akan bekerja bersama untuk memajukan BIN agar lebih profesional dan lebih baik lagi,” ucapnya.

Dia juga bersyukur rangakain uji kelayakan dan kepatutan di Komisi I DPR, Rabu (7/9), berjalan lancar hingga disetujui pertimbangannya menjadi Kepala BIN. Budi berjanji amanah yang dipercayakan oleh Presiden Jokowi akan dijalankan sebaik-baiknya.

“Saya akan memberikan pengabdian terbaik untuk kemajuan BIN, bangsa dan negara,” ujar Budi.

Ajudan Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri ini juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat, tokoh, seluruh pemerhati, dan juga khususnya pengamat intelijen.

Menurut dia, hal itu menjadi modal untuk memimpin lembaga telik sandi. “Ini menjadi modal saya dan memantapkan langkah saya sebagai Kepala BIN,” ungkapnya. (mi/jdz)

Foto : Komjen Budi Gunawan ketika mengikuti fit and proper test di Komisi I DPR RI, Rabu (7/9)