Kota Kupang Krisis Air Bersih, Mengarah ke Siaga Darurat

by -31 views

KUPANG – Ini kabar buruk untuk seluruh warga Kota Kupang. Akibat kekeringan yang melanda seluruh wilayah, maka Kota Kupang saat ini sedang dilanda krisis air bersih. Dari 48 kelurahan yang ada di Kota Kupang, hanya tiga kelurahan yang masih memiliki ketersediaan air bersih yang banyak.  Jika hingga Oktober tidak juga ada hujan, maka krisis air bersih semakin parah dan bisa berstatus siaga darurat.

Demikian disampaikan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kupang, A.D.E. Manafe kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (1/8).  “Benar bahwa Kota Kupang saat ini sedang mengalami krisis air bersih,” tegasnya.

Menurut dia, krisis air bersih ini terjadi karena masalah kekeringan di Kota Kupang yang semakin besar, juga adanya krisis air bersih di masing-masing kelurahan yang ada di Kota Kupang, kecuali tiga kelurahan, yakni Lasiana, Merdeka dan Nefonaek.

“Masalah kekeringan di Kota Kupang semakin besar jadi sebab krisis air bersih, yang hampir merata di semu akelurahan di Kota Kupang, keculai 3 kelurahaan yang ketersedian airnya masih banyak,” jelas Manafe.

Ia juga mengatakan, bila terjadi hujan sampai pada bulan oktober dengan intensitas yang kecil, maka kekeringan akan semakin besar. “Kalau hujan tidak turun maka kekiringan ini semakin besar, tentunya kebutuhan akan air bersih pun semakin meningkat, maka kita perlu naikan status menjadi siaga darurat,” tegas Manafe, mengingatkan.  (*/jk)

Foto : Ilustrasi