TA 2017, Pemkot Tambah Lampu Jalan 5.000 Unit

by -30 views

Kupang, mediantt.com – Wajah Kota Kupang di malam hari makin benderang.  Warga tidak lagi merasa takut bepergian malam-malam, termasuk di gang-gang dan persimpangan yang dianggap rawan. Sebab, lampu jalan telah ada di setiap sudut dalam wilayah Kota Kupang. Namun, Pemkot Kupang masih terus melakukan pembenahan lampu penerangan jalan umum (PJU).

Karena itu, dalam tahun anggaran 2017, Pemkot Kupang melalui Bagian Umum telah mengalokasikan anggaran untuk pengadaan tambahan lampu jalan jenis Led sebanyak 5000 unit.

Kabag Umum Setda Kota Kupang, Jhony Bire melalui Koordinator Lapangan PJU Edy Meok, kepada mediantt.com. Kamis (25/8) menjelaskan, Pemkot Kupang telah mencangkan ‘Kota Kupang aman di malam hari’, dengan penggantian dan pemasangan lampu mercury milik PLN dengan lampu jalan teknologi terkini dengan sistem Led, yang berkualitas dan hemat listrik.

Ia menyebutkan, Lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) tenaga surya tahun 2015 sebanyak 188 unit dan pada tahun 2016 dialokasikan dana untuk pengadaan dan pemasangan Led baru sebanyak 2.898 unit. “Penggantian dan pemasangan lampu merkury PLN dengan lampu Led telah terlaksana sebanyak 2.100 unit di semua kelurahan,” kata Edy Meok.

Ia juga menjelaskan, semua lokasi lampu di setiap sudut kota telah terpasang, kecuali di daerah Kelurahan Naioni, Fatukoa dan Kolhua. Tapi, ditargetkan dalam bulan Agustus-September 2016 sudah bisa rampung.

“Masih tersedia stok lampu Led sebanyak 400 unit untuk menjawab permintaan masyarakat, jika ada permintaan pemasangan,” katanya.

Menurut Edy, masyarakat yang ingin mendapatkan pemasangan lampu penerangan jalan agar dapat menghubungi Bagian Umum Setda Kota Kupang setiap hari kerja, asalkan tersedia tiang dan aliran listrik dari PLN.

“Untuk ornamen, lampu dan pemasangan dikerjakan oleh petugas Bagian Umum Setda Kota Kupang,” ujarnya.

Ia menambahkan, menurut rencana, pengadaan tambahan lampu Led di Tahun Anggaran 2017 sebanyak 5.000 unit untuk memaksimalkan penerangan jalan, karena masih banyak lokasi pertigaan, perempatan dan lokasi-lokasi strategis yang belum ada lampu penerangan jalan.  (rony banase)

Foto : Suasana  di ruas jalan HR Koroh yang telah terpasang lampu.