Bercanda Bawa Bom Molotov, Sekda Flotim Diturunkan dari Pesawat

by -25 views

KUPANG – Gara-gara mengaku bawa bom molotov di dalam tas saat berada dalam pesawat, Antonius Tonce Matutina akhirnya diturunkan secara paksa dari dalam pesawat Wings Air tujuan Kupang-Larantuka di Bandara El Tari, Kupang.

Kepala Angkasa Pura I Bandara El Tari Wahyudi kepada Kompas.com, Kamis (25/8/2016), mengatakan, Antonius adalah seorang pegawai negeri sipil (PNS) yang juga Sekretaris Daerah Kabupaten Flores Timur.

Kejadian itu, kata Wahyudi, berawal ketika Antonius yang sudah berada dalam pesawat Wings Air dengan nomor penerbangan IW 1929 tujuan Larantuka hendak memasukan tasnya ke dalam bagasi.

“Dia (Antonius) bawa tas dan hendak dikasih masuk ke dalam bagasi, tapi tidak bisa sehingga ditanya oleh pramugari apa ini isinya. Dia kemudian jawab bahwa ini ada bawa bom Molotov. Karena itu berdasarkan aturan penerbangan, akhirya ia diturunkan dan diproses,” kata Wahyudi.

Menurut Wahyudi, meski hanya candaan, hal itu tidak dibenarkan jika dilakukan di dalam pesawat. Undang-undang Penerbangan menyatakan barang siapa yang memberikan informasi palsu yang membahayakan penerbangan akan dikenai sanksi.

Soal kelanjutannya prosesnya, Wahyudi mengaku belum dapat informasi dari pihak Wings.

“Memang tadi malam dia sempat diinterogasi karena sesuai dengan prosedur memang begitu, tapi sampai saat ini saya belum dapat informasi soal pemeriksaannya,” ujarnya. (kpc)

Foto : Ilustrasi bom