Lembata Juara Umum Festival Budaya Lahamolot di Alor

by -63 views

Kalabahi, mediantt.com – Festival Budaya Lamaholot tahun 2016 yang digelar di Kalabahi, Kabupaten Alor, telah berakhir Rabu (10/8). Dari seluruh atraksi budaya, seni dan tari yang ditampilkan, Lamaholot Lembata dinyatakan menjadi juara umum, dan berhak atas trifi berupa moko. Penyerahan moko dilakukan oleh Bupati Alor, Amon Djobo.

Festival Budaya Lamaholot seharusnya diikuti masyaralat Lamaholot mulai dari Solor,Flores Timur daratan, Adonara, Lembata dan Alor, tapi tahun ini Flores Timur alpa tanpa alasan.

“Festival budaya Lamaholot yang digelar bersama oleh Kabupaten Flores Timur, Lembata dan Alor itu ini untuk tetap mempertahankan budaya Lamaholot yang satu dan sama antara masyarakat Watan Lema (lima pulau) yang tergabung dalam masyarakat Lamaholot,” kata Bupati Alor, Amon Djobo.

Amon Djobo juga menyampaikan proficiat kepada Lembata yang menjadi juara umum Festival Budaya Lahamolot di Alor. “Selamat kepada sesame saudara dari Lembata yang menjuarai festival tahun ini. Sampaikan salam persaudaraan kami untuk sesame saudara di Lembata dan Flores Timur, dan tahun depan kita bertemu lagi di Larantuka, Flores Timur,” pesan Amon Djobo.

Menurut dia, Flores Timur, Lembata dan Alor merupakan tiga kabupaten yang memiliki kesamaan sejarah, budaya,dan bahasa bahkan warganya memiliki jalinan kekeluargaan yang sangat dekat. Kesamaan yang mempersatukan ketiga kabupaten ini sering dikenal dengan sebutan Lamaholot.

“Potensi wisata Lamaholot baik alam maupun budayanya adalah sebuah kekayaan yang dapat memberi nilai dan manfaat bagi kehidupan masyarakat,” katanya. (jdz)

Foto : Bupati Amon Djobo sedang menyampaikan pesan sebelum menyerahkan trofi kepada Lembata yang menjuarai festival budaya Lamaholot 2016.