Gubernur Dipastikan Resmikan Pabrik Rumput Laut di Sabu

by -38 views

MENIA – Pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Sabu Raijua sedang menunjukkan kecerahan. Setelah sukses dengan pengembangan garam yang sudah bisa diekspor ke provinsi lain, kini Sabu Raijua punya pabrk rumput laut. Dan menurut rencana, pabrik rumput laut itu akan diresmikan oleh Gubernur NTT, Drs Frans Lebu Raya, pada 13 Agustus 2016.

Demikian disampaikan Kabag Humas dan Protokol Sabu Raijua, Mance Nelson kepada mediantt.com, Jumat (5/8).

Menurut dia, kepastian Gubernur Lebu Raya meresmikan pabrik rumput laut di Sabu Timur ini telah disampaikan secara langsung oleh Gubernur NTT kepada Bupati Sabu Raijua, Ir Marthen Luther Dira Tome melalui percakapan yang akrab via telepon seluler.

“Kepastian Bapak Gubernur NTT  meresmikan pabrik rumput laut Sabu Raijua di Kelurahan Limaggu, Kecamatan Sabu Timur pada 13 Agustus 2016, telah disampaikan Gubernur kepada Bupati Sabu Raijua secara langsung, maupun melalui percakapan akrab kedua pemimpin via telepon seluler beberapa waktu lalu,” kata Mance Nelson.

Selain itu, sebut dia, pada kesempatan lain Gubernur NTT melalui Kepala Bagian Protokol Setda Provinsi NTT, Paga Wilibrodus, S.Fil, juga memastikan bahwa Gubernur Frans Lebu Raya akan meresmikan pabrik rumput laut di Sabu Raijua, sesuai dengan waktu yang sudah disepakati oleh Gubernur dan Bupati Sabu Raijua.

Kehadiran pabrik rumput laut ini, menurut Bupati Dira Tome, akan membuka lapangan kerja bagi banyak pencari kerja di Sabu Raijua. Juga, akan memacuh garirah masyarakat untuk lebih giat membudidaya rumput laut di semua pesisir pantai Sabu Raijua. Apalagi, ada tiga pabrik yang dibangun di Sabu Raijua, yakni garam, air mineral dan rumput laut, yang pasti membutuhkan ribuan tenaga kerja.

Dengan beroperasinya pabrik rumput laut dan dua pabrik lainnya, maka akan mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD) Sabu Raijua, dan masyarakat pun akan merangkai hidupnya bersama rumput laut. “Kita optimis PAD dengan sendirinya akan melejit sehingga ketika pemerintah pusat menghapus pajak PBB, ada sektor lain yang akan menutup PAD kita,” kata Dira Tome.

Ia juga berterimakasih kepada seluruh masyarakat terutama para pemilik lahan yang telah mendukung pembangunan pabrik sehingga telah rampung dan siap diresmikan oleh Gubernur NTT. “Tanpa dukungan masyarakat, saya pikir ini akan tersendat. Untuk itu kita ucapkan terimakasih untuk dukungannya,” kata Dira Tome. (jdz)

Foto : Bupati Sabu Raijua Marthen Dira Tome memberikan ciuman kepada Gubernur NTT Frans Lebu Raya, disaksikan Wakil Bupati Nikodems Rihi Heke, usai dilantik beberapa waktu lalu.