Kupang Suguhkan ‘Gala Asin’ dan Tarian Etnis untuk Peserta Sail

by -30 views

Kupang, mediantt.com – Dinas Pariwisata Kota Kupang menggelar Festival Budaya untuk mempromosikan potensi wisata, termasuk tarian etnis daerah dan permainan tradisional seperti Gala Asin. Even ini juga menjadi suguhan hiburan bagi para peserta Sail Indonesia yang saat ini sudah ada di Kota Kupang.

“Dalam rangka Sail Indonesia 2016 ini, Kota Kupang sebagai pintu masuk, menggelar Festival Budaya berupa permainan tradisional ‘gala asin’ dan parade tarian etnis daerah untuk mengenalkan budaya lokal kepada para peserta Sail Indonesia. Ini juga sebagai hiburan untuk para peserta Sail,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Kupang, Ester Muhu, kepada mediantt.com di sela festival tersebut, Jumat (29/7).

Ia mengatakan, permainan tradisional gala asin digelar agar tidak hilang di era digital dan informasi saat ini. “Ini juga dilaksanakan agar anak-anak peserta sail dapat melihat dan bisa terlibat dalam permainan gala asin ini,” ujarnya.

Seperti disaksikan mediantt.com, permainan tradisional gala asin ini diikuti oleh perwakilan dua Sekolah Dasar (SD) dari 6 kecamatan di Kota Kupang, pada 28-29 Juli 2016, berlokasi di Pantai Koepan, Kelurahan LLBK, Kota Kupang.

Siatem permainannya, sebut dia, 1 grup terdiri dari 5 orang, dengan ketentuan poin, masuk garis finish 1 poin dan masuk garis start 1 poin. Permainan ini akhirnya dijuarai oleh SDN Bonipoi 2. Sedangkan parade tarian etnis daerah NTT akan digelar pada 30-31 Juli.

Peserta Sail Indonesia 2016 yang teregistrasi oleh Bea Cukai mencapai 46 yacht, yakni dari Australia, Perancis, Belgia dan Amerika Serikat. “Kita periksa semua Yacht, mulai dari perbekalan yang dibawa seperti berupa makanan dan minuman, obat-obatan dan jumlah uang tunai yang dibawa di kapal,” kata Kasubag Umum Bea Cukai Kupang, Hotdy Pasaribu.

Salah satu peserta Sail Indonesia asal Melbourne, Australia, Mr Alan, ketika dikonfirmasi mengaku telah berada di Kupang selama satu minggu. Ia sangat menikmati suasana dan kultur di Kota Kupang, termasuk kekagumannya terhadap sambutan hangat warga Kota Kupang. (rony banase)

Foto : Anak-anak Sekolah Dasar sedang bermain gala asin di Pantai Koepan, Kelurahan LLBK, Jumat (29/7).