Rupiah Bergairah Menyambut Kembalinya Sri Mulyani

by -155 views

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memasukkan nama Sri Mulyani Indrawati sebagai anggota baru Kabinet Kerja, menggeser posisi Bambang Brodjonegoro sebagai Menteri Keuangan. Kabar terpilihnya perempuan yang kini menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia itu langsung direspon positif oleh pasar.

Chief Economist BCA David Sumual mengatakan respon positif para pelaku pasar tercermin dari penguatan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat. Tercatat hingga pukul 11.30 WIB, rupiah menguat 0,46 persen menjadi Rp13.114 per dolar sejak sesi awal perdagangan hari ini, Rabu (27/7).

“Saya lihat kabar reshuffle tersebut mempengaruhi penguatan kurs rupiah domestik, padahal secara regional nilai kurs negara-negara lagi tidak bagus,” ujar David saat dihubungi, Rabu (27/7).

David mengatakan, indikasi terpilihnya Sri Mulyani Indrawati sebagai komandan fiskal baru telah dirasakan pelaku pasar sejak kemarin.  Wanita yang kerap disapa Ani itu dianggap mampu membawa Indonesia melaju di tengah gejolak perekonomian dunia.

“Kelihatannya dari pidato kemarin bagaimana pandangan beliau terhadap perekonomian, saya prediksi kembalinya Sri Mulyani ke Kementerian Keuangan akan berkebalikan dari menteri sebelumnya dan akan lebih konservatif,” ujar David.

Wanita terkuat dunia ke-23 versi Majalah Forbes beberapa tahun lalu itu dinilai bakal mampu membawa pasar keuangan Indonesia ke arah yang positif. Dari sisi pengalaman, menurut David, pelaku pasar sudah sangat mengenal rekam jejak wanita yang sebelumnya juga pernah menduduki kursi Menteri Keuangan. Sehingga tidak perlu lagi diragukan dalam mengelola APBN.

“Pasar sudah tahu track record beliau kredibel independen tahan tekanan. Waktu itu jaman kasus Century dan ribut bursa jatuh, tahun 2008, beliau sudah lihai, dan sudah banyak makan asam garam,” ujarnya.

Selain itu, Ani juga diprediksi bakal memiliki koordinasi yang baik dengan tetangga kantornya yakni Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution. “Kalau kita ingat, Pak Darmin merupakan Direktur Jenderal Pajak-nya Bu Ani sewaktu di Kementerian Keuangan, jadi pasti bakal ada koordinasi yang baik di Banteng dan Juanda,” ujar David.

David memperkirakan, euforia pasar terhadap penunjukan Sri Mulyani bakal berlangsung cukup lama. Rupiah dan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pun diproyeksi bakal ditutup menguat sore nanti.

Rombak 13 Kementerian

Presiden Jokowi merombak 13 Kementerian dalam reshuffel jilid II, Rabu (27/7). Sejumlah nama baru masuk dan ada beberapa nama yang bergeser dari pos kementeriannya semula.

Ada empat menteri yang digeser dari posisinya semula yakni Luhut Binsar Pandjaitan yang kini menempati posisi baru sebagai Menteri Koordinator bidang Kemaritiman. Sebelumnya Luhut adalah Menko bidang Politik Hukum dan Keamanan.

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro digeser menjadi Menteri PPN/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. Pejabat Menteri PPN/Kepala Bappenas yang lama, Sofyan Djalil digeser menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang.

Pejabat lain yang digeser adalah Thomas Lembong dari Menteri Perdagangan menjadi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal.

Selain empat nama tersebut, Jokowi mendatangkan muka baru ke Kabinet Kerja. Ada sembilan nama baru yang masuk yakni: Menko Polhukam Wiranto, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Desa dan Daerah Tertinggal Eko Putro Sandjojo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Energi Sumber Daya Mineral Chandra Tahar, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur

Dalam pidatonya Jokowi menyatakan, Indonesia harus menjawab segala tantangan nasional untuk meningkatkan kesejahteraan seluruh rakyat. “Kecepatan adalah bertindak yang langsung dirasakan oleh rakyat, dalam jangka pendek, menengah, dan panjang,” katanya.

Sementara itu Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyebut salah satu menteri baru, Sri Mulyani, sangat teruji di berbagai penugasan di bidang ekonomi dan keuangan. Sri juga menurut Pratikno juga memiliki jaringan dan dipercaya di tingkat internasional. (cnnindonesia.com/jdz)

Foto : Wakil Presiden RI Jusuf Kalla berbincang dengan Menteri Keuangan yang baru Sri Mulyani di teras Istana Merdeka, Jakarta, usai pengumuman perombakan kabinet, Rabu, 27 Juli 2016. (CNN Indonesia/Safir Makki)