Puskesmas Oesapa Gelar Pelayanan Kesehatan Gratis Harganas

by -50 views

Oesapa, mediantt.com – Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-23 tahun 2016 di Kota Kupang, NTT, ditandai dengan sejumlah kegiatan. Salah satunya adalah pelayanan kesehatan gratis harganas kepada masyarakat, yang dipusatkan di Puskesmas Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Rabu (27/7).

Pantauan mediantt.com,  pelayanan kesehatan gratis Harganas ke-23 ini dihadiri sejumlah warga Kota Kupang. Petugas yang dilibatkan adalah 9 dokter, 27 bidan dan 20 perawat. Pelayanan kesehatan gratis yang diberikan antara lain, layanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) dan Keluarga Berencana (KB), Papsmear, khitanan sehat dan donor darah yang dilayani oleh petugas dari PMR NTT.

Kepala Puskesmas Oesapa, dr Trio ketika dikonfirmasi menjelaskan, fasilitas puskemas telah diperbaharui termasuk pelayanan bagi masyarakat sekitar Oesapa dan kecamatan Kelapa Lima. Layanan yang tersedia, diantaranya layanan bagi lansia, KIA/KB, ibu Nifas dan hamil, juga tersedia laboratorium untuk test darah, asam urat, diabetes/gula darah. Ada juga klinik sanitasi, klinik IMS (Infeksi Menular Seksual) dan pemeriksaan HIV/AIDS, juga klinik sekawan khusus konseling bagi penderita HIV/AIDS.

“Kami berharap kegiatan layanan gratis Harganas ke-23 ini bisa meningkatkan hubungan emosional puskesmas dengan masyarakat sekitar, dan dapat memberdayakan lingkungan di sekitar keluarga dan saling berbagi dengan keluarga yang lain serta masyarakat,” harap dr Trio. (rony banase)

Foto : Suasana pelayanan kesehatan gratis Harganas ke-23 di Puskesmas Oesapa. (mediantt.com/rony banase)