Isu Reshuffle Kembali Menguat

by -31 views

JAKARTA – Isus perombakan kabinet (reshuffle) semakin menguat lantaran ada arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menginstruksikan para menteri kabinet kerja dalam sepekan ini untuk tidak ke luar Jakarta.

Saat ditanyakan kepada Menteri Sekretaris Negara Pratikno adakah instruksi Presiden tersebut dengan perombakan kabinet, Pratikno enggan menjawab. Ia hanya menginformasikan Rabu (27/7) akan ada sidang kabinet paripurna pada pukul 15.00 WIB.

“Rencananya besok sore (hari ini, red) ada sidang kabinet. Ya, ngomongin macam-macam,” ujar Pratikno di Wisma Negara, Jakarta, Selasa (26/7).

Menurut dia, jika pun ada reshuffle, itu merupakan ranah Presiden Jokowi. Meski tidak membenarkan adanya perombakan kabinet, Pratikno menyatakan Presiden Jokowi yang akan mengumumkannya.

“Itu urusan Presiden. Nanti akan diumumkan. Nanti lah kalau sudah dipastikan pasti akan diumumkan,” tambahnya.

Pantauan Media Indonesia di Kompleks Istana Kepresidenan sejak Selasa siang sampai sore tampak sepi, tidak seperti biasanya hadir sejumlah menteri kabinet kerja untuk membahas isu-isu strategis dengan Presiden. Hanya terlihat kendaraan berpelat RI 16 yang merupakan mobil dinas Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Panjaitan.

Namun, kendaraan Menkopolhukam masuk dan keluar lewat pintu utama Istana Merdeka. “Tadi kan (Luhut) ikut mendampingi dari Magelang dan Yogyakarta,” ucap Pratikno.

Beredar kabar Wakil Presiden Jusuf Kalla dipanggil Presiden Jokowi ke Istana Merdeka. Kabarnya, pertemuan itu membahas finalisasi reshuffle kabinet. Namun, hal ini juga dibantah oleh Pratikno. “Kabar dari mana? Pak JK di Makassar,” tutupnya.

Menjelang malam di Istana Kepresidenan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi tampak hadir pukul 19.15 WIB. Tudak bicara banyak, Yuddy menyampaikan pertemuan itu merupakan hal biasa.

“Dipanggil biasa, biasa pagi, biasa malam,” ucapnya.

Ia tidak menyebutkan rinci perihal apa kedatangannya tersebut. Ia mengaku kedatangannya berkaitan dengan sidang kabinet paripurna, esok. “Tidak ada apa-apa. Besok mau sidang kabinet paripurna,” jawabnya.

Beberapa menit kemudian, Menteri Perdagangan Thomas Lembong juga tampak hadir di Istana Kepresidenan pukul 19.29 WIB. Berbeda dengan Yuddy, yang sempat berkomentar sedikit kepada wartawan, Thomas justru memilih bungkam saat ditanya wartawan perihal kedatangannya dan langsung masuk ke dalam Istana Kepresidenan.

Informasi yang diperoleh dari lapangan, Menteri Perindustrian Saleh Husein, Menteri Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Sofyan Djalil, dan Menteri Energi Sumber Daya Mineral Sudirman Said juga diketahui hadir ke Istana Kepresidenan tetapi melalui pintu samping Wisma Negara. (mi/jdz)

Foto : Menteri Sekretaris Negara Pratikno