PMI NTT Ikut Jumbara Nasional VIII di Sulawesi Selatan

by -101 views

Kupang, mediantt.com – Palang Merah Indonesia (PMI) kembali menggelar Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) VIII tingkat Nasional tahun 2016, di Bumi Perkemahan TOnasa 1, Kelurahan Tonasa, Kecamatan Balocci, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan. Dan, PMI NTT pun ikut berpartisipasi dalam even nasional ini, yang akan digelar pada 25-31 Juli 2016, yang menurut rencana akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo.

Ketua PMI NTT Guido Fulbertus kepada mediantt.com, Minggu (24/7) mengatakan, jambore nasional ini dihadiri 34 kontingen provinsi yang terdiri dari 514 kabupaten/kota, dan 50 negara yang diundang.

Untuk PMI NTT, kata dia, persiapan kontingen dilaksanakan dengan pembekalan para  peserta di Markas PMI NTT di bilangan Kota Baru, Kupang.

“Kegiatan Training Center (TC) Palang Merah Remaja (PMI) bertujuan untuk evaluasi dan pendalaman materi, refreshing bahan PMI, peningkatan pemahan akan kesehatan lingkungan, resiko bencana, penyakit dan HIV/Aids, juga untuk peningkatan diri, ketrampilan dan perilaku PMR,” katanya.

Training center dilaksanakan dari 21-23 Juli 2016, diikuti 32 peserta PMR dari Kota Kupang, Kabupaten Kupang, TTS, Rote  Ndao, Sabu Raijua, Nagekeo, Manggarai dan Manggarai Timur.

Ketua Kontingen PMI NTT, Antonius Anthon, saat mengatakan, para peserta Jumbara asal NTT akan melaksanakan kegiatan Jumpa (travelling kepalangremajaan dan jurnalis remaja), Bhakti (penanaman pohon bambo dan bakau), Gembira  (aksi PMR kreatif, edutaiment seperti tari, drama, stand up comedy dan olahraga persahabatan).

“Kita berharap PMR NTT dapat suskses mengikuti kegiatan dan lomba saat Jumbara, terutama memperkenalkan budaya dan kekayaan alam NTT,” kata Anthon.

Ketika melepas kontingen NTT, Guido Fulbertus berpesan agar kontingen PMI NTT terutama anak-anak PMR bisa bersosialisasi dengan teman dari propinsi lain dan peserta PMR internasional, terutama bisa meningkatkan pengetahuan dan pemahaman PMR sehingga bisa berbagi informasi dan pengalaman di PMI kabupaten/kota.

Kontingen PMI NTT berjumlah 64 orang; 32 orang PMR dan 32 orang staf, peninjau dan Pembina. (rony banase)

Foto : Para peserta Jumbara Nasional VIII dari PMI  NTT berpose bersama usai pelepasan.