Dugaan Korupsi di Taman Fontein Masuk Tahap Penyidikan

by -19 views

Kupang, mediantt.com  – Tim penyidik Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Satreskrim Polres Kupang Kota, terus menelusuri dugaan korupsi proyek pembangunan Taman Fontein tahap I yang menelan anggaran Rp 900 juta lebih. Bahkan saat ini sudah naik status dari penyelidikan menjadi penyidikan.

“Sebelumnya kasus tersebut masih dalam tahap penyelidikan, namun saat ini sudah dinaikkan statusnya ke tahap penyidikan. Ini dilakukan setelah tim ahli dari Politeknik Negeri (Poltek) Kupang melakukan pemeriksaan fisik terhadap proyek tersebut dan ditemukan adanya kejanggalan,” jelas Kapolres Kupang Kota, AKBP Johannes Bangun melalui Kanit Tipikor Satreskrim Polres Kupang Kota, Ipda Ricky Dally, kepada wartawan, Rabu  (20/7).

Menurut dia, sesuai hasil pemeriksaan fisik proyek oleh tim ahli dari Politeknik Negeri Kupang, terdapat banyak kekurangan volume pekerjaan dan beberapa spesifikasi tidak sesuai dengan kontrak kerja.
“Beberapa spesifikasi tidak dikerjakan sesuai kontrak kerja. Dengan demikian maka sudah semakin jelas adanya indikasi kerugian keuangan negara,” terang Ricky.

Untuk itu, sebut Ricky, pihaknya sedang berkoordinasi dengan BPK Perwakilan NTT untuk melakukan audit investigasi. Namun untuk pemeriksaan saksi akan segera dilakukan jika hasil audit investigasi oleh BPK Perwakilan NTT sudah diperoleh.

“Saat ini kita sementara fokus untuk menuntaskan kasus korupsi pengadaan anakan pada BP DAS. Yang pasti bahwa kasus pembangunan taman Fontein akan segera kita tindaklanjuti karena sudah ada indikasi kerugian keuangan negara,” tegas Ricky. (che)

Foto: Ipda Ricky Dally