Program Water Hibah Bantu 2.500 Instalasi Gratis

by -31 views

Kupang, mediantt.com – Pemerintah Kota Kupang, khususnya Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Kupang sedang bersinergi dengan Kementerian Pekerjaan Umum (PU) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan kebutuhan air bersih. Sinergi ini diwujudkan dalam bentuk Program Water Hibah, yang khusus melayani golongan masyarakat penghasilan rendah. Tahun 2016 ini, disediakan 2.500 instalasi gratis.

“Sejak tahun 2014, program bantuan sudah mencapai 1.000 instalasi dengan dana bantuan mencapai Rp 1,8 miliar,” kata Direktur PDAM Kota Kupang, Noldy D.P Mumu, kepada mediantt.com di ruang kerjanya, Senin (18/7).

Ia menjelaskan, Program Water Hibah dilaksanakan dengan sistem Pre Financing dengan Kementriaan PU. Kata dia, Kota Kupang merupakan salah satu dari sekian kota di Indonesia yang mendapat bantuan.

“Khusus tahun 2016, ditargetkan 2.500 instalasi gratis bagi masyarakat Kota Kupang yang menerima Program Water Hibah .Sumber pembiayaan dari dana APBD Kota Kupang, didukung bantuan 100 persen dari Kementrian PU setelah realisasi instalasi dan verikasi dilanjutkan dengan pembayaran oleh Kementrian PU ke kas daerah,” jelas Noldy.

Ia juga menjelaskan, menurut data dari tiap kelurahan di wilayah Kota Kupang, ada 1.666 masyarakat berpenghasilan rendah, yang berhak mendapat bantuan.

“Tapi upaya Pemkot Kupang melalui PDAM menambahkan 834 pelanggan baru. PDAM terus melalukan instalasi pipa sekunder untuk memenuhi kebutuhan instalasi reguler dan pemenuhan instalasi Program Water Hibah,” kata Noldy.  (rony banase)

Foto : Gedung kantor PDAM Kota Kupang.