Jaga Nama Baik NTT dengan Tunjukan Kualitas

by -136 views

Kupang, mediantt.com – Gubernur NTT, Drs Frans Lebu Raya, meminta peserta Lomba Sadar Hukum (Kadarkum) untuk menjaga nama baik Nusa Tenggara Timur, dengan menunjukan prestasi yang baik dan singkirkan tanggapan-tanggapan negatif yang selama ini melekat pada Provinsi NTT.

“Yang harus disiapkan adalah mental. Karena Mental merupakan kunci utama menjadi juara, tidak boleh malu dan takut kalian pasti juara dengan terus belajar. Yang kalian wakili bukanlah sekolah, juga bukan kabupaten tetapi yang kalian wakili adalah Provinsi Nusa Tenggara Timur. Karena itu fisik dan mental harus dipersiapkan dengan baik” tegas Gubernur NTT, Drs. Frans Lebu Raya, saat menerima rombongan Lomba Kadarkum (Keluarga Sadar Hukum) yang didampingi Kepala Kantor Hukum dan HAM NTT beserta Kepala Biro Hukum NTT Hadidjah Abas, di Ruang Rapat Gubernur NTT, Senin (18/7).

Gubernur sangat mendukung perlombaan Tingkat Nasional ini, karena even seperti ini sangatlah penting, tidak sekedar mencari juara, tetapi menjadi tujuan besar Negara. “Negara ini merupakan Negara hukum. Masyarakatnya harus memiliki kesadaran dan ketaatan terhadap hukum.” ujarnya.

Kepala Kantor Kementerian Hukum dan HAM Wilayah NTT, Rochadi Iman Santoso, mengatakan, anak-anak dari NTT juga memiliki kemampuan intelekual yang tinggi serta tidak kalah bersaing dengan provinsi lainnya. ”Saya mempunyai ekspektasi yang besar pada lomba kali ini dikarenakan saya menyaksikan sendiri kecerdasan dari anak-anak pemenang lomba. Mereka sangat cerdas dan cekatan dalam lomba tingkat daerah lalu, bahkan mengalahkan orang yg lebih tua dari mereka,” tutur Rochadi

Sebelumnya, telah dilaksanakan seleksi Tingkat Daerah pada 31 Mei sampai dengan 2 Juni, yang diikuti 10 tim. Beberapa sekolah baik dari Kota Kupang dan kabupaten lainnya serta perwakilan dari Pemerintah Kota Kupang yang diwakili oleh Bagian Hukum dan Pemda NTT diwakili oleh Biro Hukum. Hasilnya, SMA N 1 Soe keluar sebagai juara pertama dan berhak mewakili NTT di tingkat Nasional, yang perlombaanya akan dihelat pada tanggal 1-4 Agustus 2016 di Hotel Putri Duyung Ancol.

Tim SMA N 1 Soe berjumlah 5 orang, terdiri dari Almeido Nubatonis, Noliyanti Ria Letuna, Diana R. Otu, Berthi N. Muskanan dan Sri N.S Djahi. Mereka akan didampingi oleh Pendamping dari Kanwil Hukum dan HAM NTT beserta seorang Guru dari SMA N 1 Soe  (hms/st)

Foto : Gubernur Lebu Raya saat menerima rombongan lomba Kadarkum , Senin (18/7)