Janji TITEN, Semua Jalan di Lembata Harus Hotmix

by -32 views

Lewoleba, mediantt.com – Selain mengimpikan Lembata yang bersih dari KKN, duet independen, Herman Loli Wutun-Alex Making, punya program yang menyentuh langsung kepentingan rakyat banyak. Titen memastikan, bahwa jika dipercayakan memimpin, maka semua jalan di Lembata harus dihotmix. Bagi Titen, yang dibutuhkan rakyat Lembata saat ini adalah air, jalan dan listrik.

“Jika Titen (Herman-Alex) terpilih pada Pilkada 2017 menjadi bupati Lembata periode 2017-2022, maka seluruh ruas jalan dari Lewoleba ke kecamatan-kecamatan harus dihotmix. Biaya yang dibutuhkan untuk itu diperkirakan sebesar Rp 1 triliun,” kata Herman pada Konferensi Pers di Markas Titen, wilayah Waikomo, Lewoleba, Jumat (8/7).

Menurut Ketua INKUD tiga periode ini, ada dua hal mendasar yang dibutuhkan Lembata saat ini, yakni mental spiritual dan infrastruktur. “Revolusi mentalnya Jokowi itu kan baru 2014, Titen sudah omong sejak 2010. Dan, kedua masalah infrastuktur. Saya setuju dengan pariwisata, tapi itu bukan yang utama. Yang penting sekarang ini, jalan, air dan listrik. Masyarakat butuh itu dulu, baru lain-lainnya,” tandas Herman Wutun.

Ia mengatakan, untuk menghitung kebutuhan anggaran peningkatan mutu jalan ke sembilan wilayah kecamatan, Titen berniat membentuk tim untuk mengkajinya. Sehingga diperoleh data-data yang akurat tentang status jalan, tingkat kerusakan dan kebutuhan anggaran.

Strategi yang dilakukan agar seluruh jalan bisa dihotmix, menurut Herman, bisa dengan meminjam uang, baik ke lembaga internasional, lembaga non bank maupun bank. “Lima tahun memimpin Lembata, saya yakin kita dapat mengerjakan semua jalan jadi dihotmix. Kan kita punya APBD yang bisa dijaminkan ke bank. Dan, bupati dan wakil bupati jangan korupsi supaya kita bisa kerjakan semua itu,” tegas putra Uruor ini.

Herman Wutun juga memberrikan garansi kalau dirinya mampu mengelola keuangan daerah secara baik sesuai regulasi. “Jika kita konsisten menjalankan APBD yang ada, tanpa rubah-rubah di tengah jalan, saya kira kita bisa mencapai hasil audit  Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Dan, itu kan kita bisa dapat kucuran tambahan Rp 100 miliar dari kementerian keuangan. Itu bukan angka yang kecil, sudah bisa bikin jalan berapa kilometer itu,” tegasnya.

Belajar dari pengalaman lima tahun terakhir, dimana komunikasi politik bupati dan DPRD Lembata amat buruk, maka Herman Wutun berjanji akan membangun komunikasi politik yang sehat dan kondusif dengan DPRD agar menyetujui gagasannya mempercepat upaya pembenahan infrastruktur jalan melalui pinjaman. “Kan dari sisi regulasi memungkinkan. Sehingga kita ajak kawan-kawan DPRD untuk bicara soal ini,” tutur Herman. (sandro/jdz)

Foto : Lukas Onek Narek mewakili Tim TITEN menyerahkan KTP dukungan kepada Calon Bupati Herman Yosef Loli Wutun, saat deklarasai Paket TITEN HERMAN-ALEX, Untuk Lembata Bersih. (Foto: Sandro Wangak)