SMAN 6 Juara Cerdas Cermat Empat Pilar MPR RI

by -77 views

Kupang, mediantt.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT bekerja sama dengan MPR RI menggelar lomba cerdas cermat dengan tema besar empat pilar MPR RI. Lomba cetdas cermat yang diikuti 13 kabupaten/kota ini dimenangkan oleh SMAN 6 Kupang, dan berhak mewakili NTT di tingkat nasional.

“Generasi muda perlu dan harus memahami pentingnya Empat Pilar MPR RI agar dapat menjadikannya sebagai nilai-nilai luhur dan fundamental bangsa,” kata Kepala Biro  Persidangan dan Sosialisasi Sekjen MPR RI, Mohamad Rizal,kepada mediantt.com di sela-sela Cerdas Cermat Empat Pilar MPR RI di Taman Budaya, Kota Kupang,  Kamis (30/6). Lomba ini berlangsung selam dua hari dari tanggal 28-30 Juni 2016.

Ia mengatakan, era globalisasi dan informasi yang berkembang pesat dewasa ini, makin menggeser nilai-nilai luhur bangsa. Karena itu, kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan tahunan untuk menanankam nilai-nilai luhur dan fundamental bangsa dan karakter kebangsaan bagi generasi muda.

Materi Empat Pilar MPR RI yang dilombakan mencakup Pancasila sebagai dasar Negara, Undang Undang Dasar 1945, NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) dan Bhineka Tunggal Ika, juga termasuk Pahlawan Bangsa dan Lagu-lagu Kebangsaan.

Dalam loma cerdas cermat ini, SMAN 6 Kupang keluar sebagai Juara I dan mewakili NTT ke tingkat Nasional. Sementara juara II dari SMAN 1 SoE, dan Juara III SMA Katolik Kusuma Atambua. “Juara satu berhak mewakili NTT dalam cerdas cermat Empat Pilar MPR RI tingkat Nasional, yang menurut rencana dilaksanakan 9 Agustus 2016 di Jakarta.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT, Drs Sinun Petrus Manuk, saat menutup kegiatan lomba cerdas cermat tersebut berharap agar SMAN 6 Kupang dapat memberikan yang terbaik saat lomba di Jakarta. “Kami berharap lomba cerdas cermat tahun 2017 bisa diikuti oleh 22 Kabupaten/Kota se-NTT,” imbuh Sinun Petrus. (rony banase)

Foto : Peserta dari SMAN 1 Kupang berpose bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT, Sinum Petrus Manuk.